Breaking News:

Airlangga Hartarto Ungkap Peran Akademisi Majukan Ekonomi Nasional

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto , menekankan peran para insan akademisi dalam upaya mendukung kemajuan ekonomi nasional

Penulis: pitos punjadi
Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Airlangga Hartarto Ungkap Peran Akademisi Majukan Ekonomi Nasional 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto , menekankan peran para insan akademisi dalam upaya mendukung kemajuan ekonomi nasional.

Hal itulah diutarakan Airlangga Hartarto di hadapan seluruh alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada acara Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni UIN (IKALUIN) Jakarta dan Webinar Kebangkitan Nasional yang digelar secara offline dan online, Sabtu 22 Mei 2021.

Airlangga Hartarto menegaskan, peran pendidikan tinggi sebagai pusat peningkatan kualitas SDM menjadi penting, dalam upaya mendukung dan mendorong kemajuan ekonomi nasional.

Karenanya, di sinilah fungsi dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan IKALUIN, agar bisa selalu memberikan sumbangsih untuk menyiapkan para profesional dalam spektrum keahlian yang luas.

"Terutama untuk mendukung dan mendorong kemajuan ekonomi nasional", kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 22 Mei 2021.

Di sisi lain, Airlangga menyampaikan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang baru diperingati beberapa hari lalu, harus bisa menjadi momentum kebangkitan Indonesia dari ketertinggalan dan keterbelakangan.

"Meneladani semangat para pendahulu kita, untuk mewujudkan negara yang mandiri, lepas dari penjajahan, untuk menyejahterahkan rakyat", ujarnya

Oleh karena itu, dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional tersebut, Airlangga pun mengajak kalangan akademisi untuk berperan aktif dalam pembangunan nasional guna mewujudkan bangsa yang merdeka dari ketergantungan terhadap negara-negara lain.

"Merdeka dari kebodohan. Merdeka dari kemiskinan.

Merdeka dari cara-cara birokratis yang menghambat pertumbuhan, dan tidak lupa kita juga berupaya segera dapat merdeka dari pandemi COVID-19 serta membuat ekonomi kita mandiri," ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Ketua Umum IKALUIN, Ace Hasan Syadzily, yang mengatakan bahwa saat ini semua negara di dunia berada dalam posisi yang sama akibat dampak dari pandemi COVID-19.

Karenanya, Ace meyakini bahwa Hari Kebangkitan Nasional 2021 ini akan menjadi momentum kebangkitan Indonesia, dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Tidak ada negara maju, tidak ada negara berkembangan, semua dalam posisi yang sama.

Jadi semua pada posisi yang sama untuk start.

Momentum Hari Kebangkitan Nasional ini akan menjadi momentum kebangkitan bangsa kita, dan dari UIN inilah kita membangun bangsa Indonesia", ujar Ace. (Adv)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved