Breaking News:

Dua Gugatan PSU Pilkada Rohul Gugur di MK, Sukiman-Indra Gunawan Segera Dilantik

Dua gugatan hasil PSU Pilkada Rohul dinyatakan gugur di MK, sehingga Sukiman-Indra Gunawan akan segera dilantik.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ariestia
Internet
Ilustrasi. Dua gugatan hasil PSU Pilkada Rohul dinyatakan gugur di MK, sehingga Sukiman-Indra Gunawan akan segera dilantik jadi Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dua gugatan hasil PSU Pilkada Rohul dinyatakan gugur di MK, sehingga Sukiman-Indra Gunawan akan segera dilantik jadi Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu.

Mahkamah Konstitusi (MK) sudah resmi menetapkan dua gugatan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) Rokan Hulu ditolak.

Hal ini ditetapkan pada sidang lanjutan Kamis (27/5/2021).

Sebelumnya gugatan Paslon nomor urut 3 Hafith-Erizal sudah dicabut pada sidang pemeriksaan pendahuluan sebelumnya.

Sedangkan gugatan Paslon nomor urut 01 Hamulian-Sahril Topan ditolak MK karena alasan beberapa hal, termasuk menyatakan pleno KPU Rohul sudah sah.

KPU Riau melalui Komisioner Bidang Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM Nugroho Noto Susanto menyampaikan, permohonan pemohon (paslon no 01) dinyatakan tidak dapat diterima oleh MK dan MK menyatakan sah pleno rekapitulasi suara pilkada KPU Rohul. 

Selanjutnya MK memerintahkan KPU Rokan Hulu untuk menetapkan pasangan calon terpilih.

"MK menyatakan pemohon tidak berkedudukan hukum dan Menolak permohonan Paslon nomor urut satu,"ujar Nugi sapaan akrabnya.

Berikutnya KPU Riau dan KPU Rokan Hulu akan menunggu surat arahan KPU RI, dan kemudian melaksanakan tahapan berikutnya yakni penetapan Paslon terpilih, serta mengusulkan ke DPRD pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati Rokan hulu.

Sementara kuasa hukum Hamulian-Sahril Topan, Asep Ruhiat saat dikonfirmasi mengakui gugatan paslonnya ditolak MK.

"Iya benar gugatan Hartop ditolak MK,"ujar Asep Ruhiat.

Dengan demikian Paslon Sukiman-Indra Gunawan atau Sukawan saat ini tinggal menunggu penetapan dari KPU sebagai pemenang dan selanjutnya proses pelantikan. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Berita lainnya terkait PSU Pilkada Rohul

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved