Breaking News:

Sukiman Jadi Bupati Rohul Terpilih Hasil PSU Pilkada Rohul, Ini Putusan MK Terkait Sengketa Pilada

Sukiman dan Indra Gunawan akrhinya akan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohul Terpilih hasil PSU Pilkada Rohul

Penulis: Syahrul | Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Sukiman Jadi Bupati Rohul Terpilih Hasil PSU Pilkada Rohul, Ini Putusan MK Terkait Sengketa Pilada. Foto: Sukiman 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Sukiman dan Indra Gunawan akhirnya akan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohul Terpilih hasil PSU Pilkada Rohul.

Hal itu setelah Mahmakah Konstitusi atau MK memutuskan menolak gugatan Hamulian terkait hasil PSU Pilkada Rohul .

Mahkamah Konstitusi RI akhirnya memutuskan bahwa gugatan PSU Pilkada Rohul tidak dapat diterima. 

Hal ini diungkapkan salam agenda sidang Pengucapan Putusan Nomor 138/PHP.BUP-XIX/2021 yang dipimpin oleh Ketua MK Anwar Usman bersama Hakim Konstitusi Suhartoyo dan Enny Nurbaningsih pada Kamis (27/5).

Dalam pembacaan hasil putusan yang diputar secara live di kanal Youtube MK, Enny menyampaikan bahwa meskipun Pemohon yakni Paslon Nomor Satu Hamulian Nasution-Syahril Topan pada Pilkada Serentak 2020, permohonan Pemohon dinilai tidak memenuhi ketentuan pengajuan. 

"Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 158 UU Nomor 10/2016, maka permohonan Pemohon dalam hal ini tidak memenuhi ketentuan pengajuan permohinan," katanya. 

Dia menyebut, hal ini mengacu pada jumlah penduduk Rohul berdasarkan rekap data kependudukan Semester I 2020 sebanyak 559.399 jiwa. 

Hal tersebut menyebabkan adanya perbedaan perolehan suara antara Pemohon dengan Paslon peraih suara terbanyak berselisih diatas 1 persen.

"Oleh karena itu, menurut Mahkamah, Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan perkara a quo," katanya. 

"Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait bahwa pemohon tidak memiliki kedudukan hukum adalah beralasan menurut hukum," tambahnya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved