Breaking News:

Duh, Hanya Tersisa 1 Kamar ICU Covid-19, Bupati Pelalawan Minta Bantuan Ini ke Gubernur Riau

Duh, hanya tersisa 1 kamar ICU Covid-19, Bupati Pelalawan minta bantuan ini ke Gubernur Riau

TRIBUNPEKANBARU/JOHANNES TANJUNG
Duh, Hanya Tersisa 1 Kamar ICU Covid-19, Bupati Pelalawan Minta Bantuan Ini ke Gubernur Riau. Foto:Bupati Pelalawan H Zukri bersama Forkopimda mengikuti rapat penangan Covid-19 dengan Gubernur Riau secara virtual, Jumat (28/5/2021). Tribunpekanbaru.com/Johannes Tanjung 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Duh, hanya tersisa 1 kamar ICU Covid-19, Bupati Pelalawan minta bantuan ini ke Gubernur Riau.

Bupati Pelalawan H Zukri meminta bantuan alat ventilator dan High Flow Nasal Cannula (HFNC) kepada Gubernur Riau (Gubri).

Hal itu diminta Bupati Zukri melalui rapat koordinasi penanggulangan Covid-19 via zoom meeting pada Jumat (28/5/2021) sore.

Bupati Zukri menyampaikan, kebutuhan atas ventilator dan HFNC di Pelalawan sangat tinggi untuk menangani pasien Covid-19 yang komorbid atau memiliki penyakit bawaan.

Alat bantu pernafasan itu diyakini bisa menyelamatkan nyawa pasien terpapar virus corona yang kondisinya sangat parah.

"Proposal permintaan telah kami ajukan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Untuk meningkatkan penanganan pasien yang komorbid," terang Bupati Zukri.

Selain itu, alat tersebut juga bisa menunjang sarana dan prasarana di rumah sakit, mengingat keterbatasan ruangan ICU khusus Covid-19 di Pelalawan.

Saat ini ICU di tiga rumah sakit rujukan corona tinggal satu kamar lagi.

Sedangkan ruang isolasi di rumah sakti sebanyak 76 tempat tidur dan telah berisi 58 serta sisanya tinggal 18 tempat tidur.

Kamar isolasi pasien Covid-19 itu tersebar di tiga rumah sakit yakni Rumah Sakit (RS) Efarina, RS Amalia Medika, dan RSUD Selasih Pangkalan Kerinci.

Hotel isolasi yang disewa yakni Hotel Ryan Pangkalan Kerinci juga telah menampung pasien corona dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Hotel karantina itu telah terisi 12 kamar dari 35 kamar yang tersedia.

Pasien diberikan berbagai fasilitas yang gratis, termasuk obat-obatan hingga makanan yang sehat.

"Saat ini kasus Covid-19 di Pelalawan semakin landai dan penurunannya sudah kelihatan. Tapi yang mengkuatirkan sekarang kamar ICU yang tersisa tinggal satu lagi. Makanya kita minta bantuan ke provinsi," terang Zukri.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved