Breaking News:

Komisi ASN Berikan Rekomendasi Terkait Hasil Seleksi Calon Sekdaprov Riau, Ini Kata Kepala BKD Riau

Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan pada Rabu (2/6/2021) mengungkapkan, Komisi Aparatur Sipil Negara atau Komisi ASN telah mengeluarkan rekomendasi

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Komisi ASN Berikan Rekomendasi Terkait Hasil Seleksi Calon Sekdaprov Riau, Ini Kata Kepala BKD Riau 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan pada Rabu (2/6/2021) mengungkapkan, Komisi Aparatur Sipil Negara atau Komisi ASN telah mengeluarkan rekomendasi hasil seleksi terbuka Calon Sekdaprov Riau .

Rekomendasi untuk Calon Sekdaprov Riau tersebut sudah diterima Gubernur Riau Syamsuar. 

"Rekomendasi Komisi ASN sudah keluar Senin kemarin. Komisi ASN menyatakan proses seleksi terbuka jabatan Sekdaprov Riau telah sesuai aturan yang berlaku," kata Ikhwan. 

Setelah itu, kata Ikhwan, proses selanjutnya Gubernur Riau Syamsuar melaporkan tiga nama calon Sekda Riau ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian. 

"Sudah dilaporkan pak Gubernur ke Pak Presiden melalui Mendagri. Itu langsung dilaporkan Senin kemarin setelah keluar dari Komisi ASN .

Selanjutnya Pak Mendagri memproses dan menyampaikan tiga nama calon Sekda Riau ke Pak Presiden, lalu Presiden menunjuk satu dari tiga nama yang diusulkan," ujarnya. 

Ikhwan mengatakan, setelah ditunjuk satu nama calon Sekda oleh Presiden, nanti ada balasan surat Presiden beserta Surat Keputusan (SK) penetapan Sekda Riau. 

"Selanjutnya Pak Gubernur tinggal melantik satu nama calon Sekda Riau yang ditunjuk Pak Presiden.

Jadi fungsi Gubernur hanya mengusulkan tiga nama calon Sekda Riau terbaik berdasarkan usulan panitia seleksi, yang telah divalidasi oleh Komisi ASN terhadap proses seleksinya,"katanya. 

"Jadi yang menunjuk itu bukan Gubernur, tapi yang menunjuk dan memilih itu Presiden.

Kalau eselon II itu baru Gubernur yang menunjuk, sedangkan eselon I itu wewenangnya adalah Presiden," katanya. 

Seperti diketahui, tiga peserta yang lulus seleksi tiga besar dan diusulkan ke Presiden sebagai Calon Sekdaprov Riau, diantaranya adalah Indra Suandy (Kepala Dinas Pariwisata Kuansing), Said Mustafa (Mantan Sekda Dumai) serta SF Hariyanto (Inspektur VI Investigasi Kementerian PU RI).

Berita terkait Calon Sekdaprov Riau lainnya

Baca juga berita Tribunpekanbaru.com berjudul " Komisi ASN Berikan Rekomendasi Terkait Hasil Seleksi Calon Sekdaprov Riau, Ini Kata Kepala BKD Riau " di aplikasi Babe dan Google News.

Artikel berjudul " Komisi ASN Berikan Rekomendasi Terkait Hasil Seleksi Calon Sekdaprov Riau, Ini Kata Kepala BKD Riau " ini ditulis wartawan Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgiono .

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved