Breaking News:

Pertanyakan Kejelasan Pelantikan Bupati-Wabup Inhu, LSM Penjaga Negeri Soroti KPU, Apa Kata Ketua?

Pertanyakan kejelasan pelantikan Bupati dan Wabup Inhu, LSM Penjaga Negeri soroti sikap KPU, apa kata ketua Yenni Mairida?

Tribun Pekanbaru/Bynton Simanungkalit
Pertanyakan Kejelasan Pelantikan Bupati-Wabup Inhu, LSM Penjaga Negeri Soroti KPU, Apa Kata Ketua? Foto:Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Pertanyakan kejelasan pelantikan Bupati dan Wabup Inhu, LSM Penjaga Negeri soroti sikap KPU, apa kata ketua Yenni Mairida?

Masyarakat mempertanyakan kinerja KPU Inhu berkenaan dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Inhu yang belum terlaksana sampai saat ini.

Menurut mereka KPU telah lalai dalam menjalalan tugasnya.

Sesuai dengan aturan, mestinya KPU Inhu bersurat ke Gubernur Riau melalui KPU Provinsi Riau.

Perdi Andrian Zen, Direktur LSM Penjaga Negeri menegaskan bahwa pihaknya akan mengambil sikap atas hal ini.

"Mengingat tidak terlaksananya paripurna pengesahan hasil paslon terpilih oleh DPRD walaupun sudah ada permintaan tertulis dan juga arahan lisan dari Gubri yang juga sudah melewati batas waktunya," ujar Perdi.

"Maka persoalan pengesahan paslon terpilih saat ini sebenarnya kembali kepada sikap KPU Kabupaten Inhu dan Gubri, sebagaimana diatur dalam pasal 160A ayat 2 UU nomor 10 tahun 2016," imbuh Perdi.

Perdi menegaskan, bahwa pihaknya akan melaporkan KPU Kabupaten Inhu kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Kami akan melaporkan KPU Inhu kepada DKPP, karena kami menilai KPU Inhu telah lalai tidak melaksanakan tugas dan kewenangannya untuk mengusulkan Paslon terpilih dan ini melanggar pasal 160a ayat 2 UU nomor 10 tahun 2016," katanya.

Untuk diketahui pleno penetapan Paslon terpilih digelar KPU Inhu tanggal 30 April 2021 lalu.

Halaman
12
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved