Breaking News:

Video Berita

VIDEO: LAM Pekanbaru Kubu Muspidauan Tolak Syahril Abu Bakar Tunjuk Plt Ketua Baru

Ia menegaskan tidak seharusnya LAM Riau yang menunjuk pengganti Ketua DPH tersebut kecuali pengurus LAM Kota Pekanbaru tidak aktif

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Penetapan Plt Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Pekanbaru oleh LAM Riau, pasca penahanan ketua LAMR Pekanbaru Yose Saputra.

Menanggapi itu Pengurus LAM Kota Pekanbaru dan Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) LAM Kecamatan Se-Kota Pekanbaru menolak keras Plt Ketua LAM Pekanbaru yang Ditunjuk Oleh Ketua LAM Riau Datuk Syahril Abu Bakar.

Penunjukan Plt LAM Kota Pekanbaru yang diberikan kepada Datuk Khairul Zainal sebagai Ketua DPH dan Datuk Rizaldi sebagai Sekretaris dianggap tak sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

"Kami dari segenap Ketua DPH LAM Kecamatan beserta segenap pengurus Lam Kota Pekanbaru menolak keputusan tersebut.

karena itu merupakan tindakan inkonstitusi atau bertentangan AD/ART," ujar ketua DPH LAM Rumbai, Datuk Irfan yang didampingi sejumlah ketua Kecamatan lainnya.

Ia menegaskan hingga saat ini LAM Kota Pekanbaru masih memiliki kepengurusan yang sah dimana memegang SK 2017-2022.

Ia menjelaskan, secara kepengurusan setelah pengunduran diri Datuk Yose Saputra sebagai Ketua DPH LAM Kota karena tersangkut kasus tindak pidana, maka kepengurusan LAM Kota baik MKA atau DPH akan melakukan musyawarah dan mufakat menunjuk pengganti Datuk Yose Saputra.

Ia menegaskan tidak seharusnya LAM Riau yang menunjuk pengganti Ketua DPH tersebut kecuali pengurus LAM Kota Pekanbaru tidak aktif.

"Dalam hal ini, pihak LAM Provinsi hanya bisa mengarahkan agar kepengurusan LAM Kota mengadakan musyawarah penunjukan PLT sesuai AD/ART,"ujarnya.

Ia menegaskan agar DPH LAM Riau tidak memperkeruh suasana dengan melakukan penyalahgunaan kewenangan atas LAM Pekanbaru.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved