Breaking News:

UIR Beri Pelatihan Penggunaan Virtual Laboratory Bagi Guru IPA SMP Swasta Pekanbaru

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UIR melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat pelatihan penggunaan virlab terhadap guru IPA SMP Swasta

Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril
UIR Beri Pelatihan Penggunaan Virtual Laboratory Bagi Guru IPA SMP Swasta Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan yang signifikan terhadap banyak aspek kehidupan manusia.

Salah satu aspek yang terdampak cukup signifikan adalah pendidikan.

Pendidikan yang selama ini berlangsung di ruang kelas secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran yang berlangsung secara online (dalam jaringan atau daring). 

Perubahan pola pembelajaran tersebut menghendaki pengetahuan dan manajemen khusus sehingga pembelajaran dapat bermanfaat bagi peserta didik dan efektif dalam pengelolaannya.

Kegiatan praktikum sebagai bagian dari proses pembelajaran juga mengalami hambatan dalam implementasinya akibat pembelajaran daring yang dilaksanakan semasa pandemi ini.

Tekonologi komputer telah berhasil mengembangkan berbagai media pembelajaran digital yang dapat sangat membantu proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. 

Demikian juga halnya pemanfaatan teknologi komputer telah menghasilkan berbagai aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan praktikum yang biasanya dilakukan secara langsung di ruang-ruang laboratorium.

Masa kini praktikum telah dapat dilaksanakan secara mandiri dan dapat diulang-ulang oleh siswa hingga mencapai pemahaman yang lebih baik sesuai dengan kecepatan belajarnya. 

Salah satu bentuk praktikum yang dapat digunakan pada masa pandemi  ini adalah virtual laboratory (virlab).

Penggunaan virlab telah berkembang dengan pesat dan telah banyak penelitian yang dilakukan dalam rangka menelaah efektivitas penggunaanya dalam pembelajaran. 

Halaman
12
Penulis: Rino Syahril
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved