Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Realisasi APBD Riau Masuk Lima Besar Terendah se Indonesia, Begini Tanggapan Gubri Syamsuar

Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN) Provinsi Riau triwulan I 2021 ini masih rendah.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN) Provinsi Riau triwulan I 2021 ini masih rendah.

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Dalam Negeri, yang disampaikan Direktur Jenderal Keuangan Daerah Ardian Noervianto terdapat lima provinsi yang realisasi APBD belanja terendah per 28 Mei 2021.

Diantaranya Papua Barat realiasinya sebesar 5,56 persen, Kalimantan Barat sebesar 11,08 persen, Sulawesi Barat realisasi belanja 11,23 persen, Selawesi Selatan 13,09 persen dan Provinsi Riau 13,12 persen.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat dikonfirmasi terkait persoalan tersebut, Rabu (2/6/2021) mengungkapkan, realisasi APBN Provinsi Riau sebenarnya sudah tercapai sebesar 17 persen. Namun data yang dirilis oleh Kemendagri masih sebesar 13 persen. Sehingga Riau masih berada diurutan lima paling bawah dalam hal realisasi anggaran di daerah.

"Sebenarnya kita sudah 17 persen, tapi data disana (Kemendagri) baru tercatat 13 persen," kata Gubri Syamsuar saat dikonfirmasi terkait masih rendahnya realisasi APBD di Provinsi Riau.

Meski masuk lima besar terendah, namun Gubri Syamsuar masih bersyukur karena realisasi nya bukan yang paling rendah se Indonesia. Masih ada beberapa provinsi yang realisasi APBDnya berada di bawah Riau.

"Jadi 13 persen itu bukan paling rendah, masih ada yang lebih rendah lagi dari Riau," ujarnya.

Melihat masih rendahnya realisasi APBD tersebut, Gubri Syamsuar memerintahkan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau agar segera melaksanakan kegiatan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Sehingga serapan APBD bisa semakin besar.

"Kita akan mengejar itu, target kita Juni ini bisa lebih 20 persen. Kawan-kawan di OPD ini sudah kami minta untuk segera menggesa kegiatan di masing-masing OPD. Kemarin pak menteri mengharapkan semua daerah realisasi APBDnya harus bisa 20 persen lebih, makanya itu yang akan kita kejar di bulan juni ini," katanya. (Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved