Breaking News:

Ketua MPR RI Apresiasi RAPP. Dinilai Beri Kontribusi Bagi Perekonomian Daerah dan Nasional

KETUA MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi keberadaan PT RAPP yang dinilai memberikan kontribusi bagi ekonomi lokal dan nasional

Editor: rinalsagita
istimewa
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo kunjungi RAPP di Pangkalan Kerinci, pada Jumat (5/6/2021) 

KETUA Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Bambang Soesatyo mengapresiasi keberadaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), bagian dari grup usaha Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) yang terus menggerakkan perekonomian daerah terutama di masa pandemi COVID-19.

“Saya berkeliling melihat operasional dan proses pembuatan kertas PaperOne di RAPP, karyawannya sangat banyak, teknologi yang digunakan juga canggih. Saya harap ini dapat membantu dalam menggerakkan perekonomian lokal, membuka lapangan kerja dan berkontribusi kepada pembangunan daerah,” ujar Bamsoet usai meninjau hasil operasional pabrik RAPP, di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Jumat (4/6/2021).

Turut hadir Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho, Bupati Pelalawan Zukri Misran, Wakil Bupati Pelalawan Nasaruddin, Ketua DPRD Pelalawan Baharuddin, Wakapolres Pelalawan Kompol Raden Edi Saputra, dan Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus Sinaga didampingi Presiden Direktur RGE Indonesia Irsan Syarief, Presiden Direktur RAPP Sihol Aritonang, Chief Operations Officer (COO) Eduward Ginting dan Direktur Operational Support Mhd Ali Shabri.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga menilai keberadaan APRIL Group secara konsisten telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal, daerah dan nasional.

Terlihat dari hasil studi yang dilakukan Unit Penelitian Ekonomi dan Sosial Universitas Indonesia yang menyatakan perusahaan di bawah naungan grup Raja Garuda Emas (RGE) ini berkontribusi dalam 6,9 persen ekonomi Riau, 5,4 persen pendapatan rumah tangga di Riau, menciptakan lebih dari 5.000 lapangan kerja dan menciptakan lebih dari 90.000 kesempatan kerja tidak langsung.

Selain itu, Bamsoet juga mengapresiasi program kemitraan yang digagas RAPP dengan masyarakat melalui sejumlah program pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Ia mengatakan produsen kertas merek PaperOne ini fokus dalam memberikan perlindungan dan pemulihan sektor UMKM khusus di masa pandemi COVID-19.

“Dari program tersebut lahir CV Mitra Riau Andalan yang memproduksi sabun mandi berbahan alami, sabun cuci tangan, sabun cuci piring, sabun pembersih lantai, dan hand sanitizer. Ada pula Rumah Madu Andalan, wadah bagi para petani Madu Sialang menyalurkan hasil panennya dengan harga kompetitif, serta Rumah Batik Andalan sebagai wadah pembinaan terhadap para pengrajin batik dengan keunggulan Batik Motif Bono serta masih banyak lagi usaha-usaha yang tumbuh dan semakin berkembang," paparnya.

Bamsoet menjelaskan, pemberdayaan UMKM tersebut sejalan dengan tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) guna mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pada akhir tahun 2020 lalu, APRIL Group juga telah mencanangkan APRIL2030, sebagai wujud dukungan sinergitas pelaku usaha swasta dengan pemerintah dalam mencapai target SDGs pada tahun 2030 mendatang.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved