Breaking News:

Pemprov Riau Sulap Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Pemprov Riau menyulap asrama haji yang berada di Jalan Mekar Sari Pekanbaru menjadi tempat isolasi mandiri untuk pasien Covid-19

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgiono
Gubri Syamsuar Tinjau Asrama Haji yang disiapkan untuk tempat isolasi mandiri, Minggu (6/6/2021). Pemprov Riau menyulap asrama haji yang berada di Jalan Mekar Sari Pekanbaru menjadi tempat isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemprov Riau menyulap asrama haji yang berada di Jalan Mekar Sari Pekanbaru menjadi tempat isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memastikan Asrama Haji Riau sudah siap untuk difungsikan sebagai tempat isolasi mandiri.

Kepastian tersebut disampaikan usai dirinya melakukan peninjauan ke asrama haji bersama rombongan, Minggu (6/6/2021).

"Kita akan fungsikan asrama haji ini untuk tempat isolasi mandiri, tadi sudah kami tinjau, ini sudah bisa langsung digunakan," kata Gubri Syamsuar usai peninjauan.

Asrama Haji Riau ini memiliki kapasitas 280 tempat tidur yang siap ditempati pasien Covid-19.

Dengan adanya penambahan tempat isolasi ini, diharapkan masyarakat yang terpapar Covid-19 tidak lagi melakukan isolasi mandiri di rumah.

Gubri Syamsuar mengimbau agar pasien Covid-19 yang tidak bergejala atau bergejala ringan bisa melakukan isolasi di tempat yang disiapkan pemerintah daerah.

Tujuanya agar pasien tidak menularkan virusnya ke anggota keluarganya yang tinggal satu rumah.

Selain itu, pasien yang melakukan isolasi mandiri di tempat yang disiapkan oleh pemerintah daerah juga terjamin obat-obatan serta makanya.

Tidak hanya itu, pasien yang isolasi mandiri digedung-gedung yang disiapkan pemerintah juga diperiksa secara berkala kesehatannya oleh petugas kesehatan yang ditugaskan di masing-masing tempat isolasi.

Pasien juga diberikan asupan gizi yang cukup serta diajak olah raga setiap paginya.

Sehingga imunitas mereka bisa terjaga dan bisa segera sembuh dari Covid-19.

"Kita sudah siapkan tiga tempat isolasi mandiri, ini kita tambah satu lagi asrama haji ini untuk antisipasi kalau nanti ada penambahan warga kita yang positif tapi bergejala ringan dan OTG," kata Gubri Syamsuar .

Dalam kunjungan tersebut Gubri didampingi langsung oleh Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting,

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, dan Kepala Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau, Taufik OH.

Syamsuar menyampaikan bahwa peninjauan ini dalam rangka menambah ruang isolasi mandiri untuk Covid-19 di Provinsi Riau.

Ia juga mengatakan bahwa hal ini juga sebagai upaya mengantisipasi kalau terjadi lonjakan pasien Covid-19 di Riau.

Menurutnya, perlunya penambahan ruang isolasi ini karena sebagian tempat isolasi mandiri yang tersedia di Provinsi Riau sudah terisi dan penambahan ruang isolasi di Asrama Haji Provinsi Riau ini sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan pasien Covid-19 yang tinggi di Riau.

"Kita antisipasi penambahan yang luar biasa, untuk itu kita harus menyiapkan tempatnya, karena itu kita melakukan meninjau ini," sebutnya.

Gubri Syamsuar berharap dengan penambahan ruang isolasi ini bisa membantu merawat pasien Covid-19 khususnya dengan gejala ringan atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

Selain itu, pihaknya juga menyebutkan untuk tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan beberapa tenaga juga telah disiapkan.

Ia berharap dengan kesiapan ruangan dan tenaga kesehatan yang telah di persiapan penanganan Covid-19 dapat dilaksanakan dengan baik.

Ia juga menuturkan bahwa penambahan ruang isolasi di Asrama Haji Provinsi Riau ini juga bisa langsung digunakan untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Berita Riau lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved