Breaking News:

Lembaga Kearsipan Daerah Siak Komit Jaga Mutu dan Keselamatan Arsip, Ini Upaya yang Dilakukan

Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) terus berupaya menjaga mutu tertib arsip

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Lembaga Kearsipan Daerah Siak Komit Jaga Mutu dan Keselamatan Arsip, Ini Upaya yang Dilakukan. Foto: Bimtek Pengawasan Arsip Dinamis Kewenangan Kabupaten/Kota di Siak, Selasa (8/6/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) terus berupaya menjaga mutu tertib arsip.

Baik di lingkup pencipta arsip maupun pengelola dan pengguna arsip di Instansi pemerintah daerah Kabupaten Siak,maupun tertib arsip di LKD itu sendiri.

Hal itu di tandai dengan palaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Arsip Dinamis Kewenangan Kabupaten/Kota, Selasa (8/6/2021) di ruang rapat Raja Indrapahlawan, lantai II kantor Bupati Siak.

Pada kesempatan itu sekaligus digelar Sosialisasi Surat Edaran Menpan-RB Nomor 01 tahun 2020 tentang Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara Periode 2014-2019.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Adminiatrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Jamaluddin.

"Arsip merupakan sumber acuan organisasi, keberadaan arsip di sebuah organisasi merupakan tulang punggung manajemen organisasi.Untuk itu arsip harus kita kita jaga kelestariannya,” sebut Jamaluddin.

Menurutnya, penyelamatan arsip wajib dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan program dan kegiatan.

"Penyelamatan arsip ini penting, sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dan pertanggungjawaban pelaksanaan program pembangunan daerah," jelasnya.

"Penyelamatan arsip juga sekaligus sebagai identitas dan memori kolektif bangsa,” sambungnya.

Ia berharap, melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis tersebut, pengawasan kearsipan dapat berjalan dengan baik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved