Breaking News:

Wali Kota Pekanbaru: Masyarakat Harus Lampirkan Kartu Vaksin Saat Akses Layanan Publik

Wali Kota Pekanbaru: Masyarakat harus melampirkan kartu bukti sudah vaksin Covid-19 bila hendak mengakses layanan publik.

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Bus Vaksinasi Covid-19 Keliling di Pekanbaru saat melayani warga yang akan divaksin, Kamis (3/6/2021). Masyarakat di Pekanbaru harus melampirkan kartu bukti sudah vaksin Covid-19 bila hendak mengakses layanan publik. Hal itu telah ditegaskan Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Masyarakat di Pekanbaru harus melampirkan kartu bukti sudah vaksin Covid-19 bila hendak mengakses layanan publik. Hal itu telah ditegaskan Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT.

Sejumlah layanan publik di Pemerintah Kota Pekanbaru yang sudah menerapkan kebijakan tersebut.

Kebijakan ini juga sudah mulai diterapkan sejumlah kecamatan dan kelurahan.

Adanya kebijakan ini sebagai langkah percepatan vaksinasi bagi masyatakat.

Penerapan ini merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

"Jadi kita dukung arahan bapak presiden, kita dukung sepenuhnya kebijakan ini," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (10/6/2021).

Menurutnya, pemerintah kota sudah mulai menerapkan kebijakan tersebut. Ia menyebut bahwa kartu vaksin menjadi satu syarat dalam mengakses layanan publik.

"Kita secara tegas ingin menyadarkan masyarakat, agar setiap waktu melindungi diri dan keluarga serta masyarakat di sekitarnya," jelasnya.

Firdaus mengatakan bahwa petugas di layanan publik tidak ragu dengan kondisi kesehatan pemohon layanan publik bila sudah suntik vaksin.

Ia menyebut masyarakat yang vaksin sudah memiliki kekebalan.

"Jadi ada kekebalan yang terbentuk usai vaksin. Jadi petugas layanan publik tidak ragu lagi melayani masyarakat yang sudah vaksin," ujarnya.

Adanya kartu vaksinasi bisa mempermudah masyarakat mengakses layanan publik. Mereka harus menunjukkan kartua vaksin dalam mengurus administrasi atau layanan publik.

(Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang) 

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved