Breaking News:

Dinas Sosial dan BAZNas di Siak Kolaborasi Terkait Program Bansos

Kepala Dinas Sosial Siak Wan Idris bersyukur akhirnya kolaborasi antara pihaknya dengan Baznas Siak dapat dilaksanakan.

Istimewa
Kepala Dinas Sosial Siak Wan Idris dan jajaran beserta Ketua Baznas Siak Abdul Rasyid Suharto Pua Upa dan jajaran berfoto bersama usai menekan MoU di kantor Baznas tersebut, Kamis (10/6/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Kepala Dinas Sosial Siak Wan Idris bersyukur akhirnya kolaborasi antara pihaknya dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak dapat dilaksanakan.

Kolaborasi program pemberian bantuan sosial itu ditandai dengan penandatangani nota kesepahaman kedua pihak yang telah berlangsung, Kamis (10/6/2021) kemarin.

“Alhamdulillah, akhirnya kita bisa bekerja sama dengan Baznas. Polanya sudah lama kami pikirkan supaya tidak tubrukan antara program kita dan program Baznas, sehingga Bansos yang kita berikan tepat sasaran, dan dari segi data kita dan Baznas juga sinkron,” kata Wan Idris, Jumat (11/6/2021).

Wan Idris menjelaskan, kerja sama yang dibangun untuk mengkolaborasikan data dan kegiatan sosial meliputi. Kegiatan itu seperti memberikan bantuan untuk korban bencana, warga tidak mampu dan bantuan sosial lainnya.

“penandatanganan nota kesepahaman itu kemarin di Kantor Baznas Siak, ya kami yang ke sana,” kata dia.

Manfaat dari pola kerja sama ini adalah mempercepat pemberian dan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Ada beberapa hal yang menjadi kendala dari Dinsos untuk merealisasikan pemberian Bansos secara cepat, sehingga dapat ditanggulangi oleh Baznas.

"Hulu dari kerjasama kita adalah data penerima Bansos di Siak, jadi kegiatan akan berjalan sukses dan tepat sasaran jika data kita sinkron dan sama,” kata dia.

Ia menjelaskan, ada beberapa tahapan di Dinsos terkait penyaluran Bansos tersebut, sehingga tidak dapat disalurkan secara langsung untuk penerima baru.

"Kalau di Dinsos ada tahap-tahapannya, misalnya diajukan nama penerimanya sekarang mungkin tahun depan baru masuk, atau dimasukkan dalam APBD-Perubahan terlebih dahulu, kalau di Baznas bisa langsung, apalagi masyarakat butuh cepat," kata dia.

Sementara itu Ketua Baznas Siak H Abdul Rasyid Pua Upa juga menilai kerjasama yang dilakukan dengan Dinas Sosial Siak ini sangat menarik.

Kegiatan sosial yang ada di Dinas Sosial memiliki banyak kesamaan dalam pelaksanaan dan pengerjaannya dengan Baznas.

"Kerjasama ini membuat kita bergerak cepat demi masyarakat dalam pelayanan di bidang sosial. Kami sangat peduli terhadap penanganan fakir miskin yang ada di Kabupaten Siak. Jadi diharapkan dengan adanya kerjasama ini, Baznas dan Dinas Sosial Siak dapat bekerja dengan maksimal. Kemudian bantuan yang diberikan merata terhadap masyarakat yang membutuhkan," katanya. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved