Breaking News:

Bupati Siak Juga Jadi Nasabah, DLH Siak Ajak Masyarakat Menabung di Bank Sampah Induk Pelangi

DLH Kabupaten Siak mengajak masyarakat menabung di Bank Sampah Induk Pelangi, dan Bupati Siak Alfedri ternyata juga sudah menjadi nasabahnya.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak meninjau rumah mesin di Bank Sampah Induk Pelangi Siak, Jumat (11/6/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Siak mengajak masyarakat  menabung di Bank Sampah Induk Pelangi, dan Bupati Siak Alfedri ternyata juga sudah menjadi nasabahnya.

Bank sampah tersebut berada di kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak.

Sampah yang disetor bisa dikonversi menjadi rupiah sesuai harga yang ditetapkan.

“Bagi nasabah yang menabung di bank sampah akan tercatat berapa banyak kuantitas sampah yang disetor. Tabungan ini bisa diganti dengan uang sehingga basabah bisa memanfaatkan untuk membayar rekening listrik dan air SPAM,” kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Siak Setya Hendro Wardhana, Minggu (13/6/2021).

Hendro menguraikan, bupati Siak Alfedri juga menjadi nasabah yang membuka tabungan di Bank Sampah itu. Saat ini sudah ada 932 rekening.

“Masyarakat sudah dimudahkan sebab di setiap desa kelurahan sudah ada becak motor untuk mengangkut sampah,” kata dia.

Becak motor tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengelola bank sampah di kampung/kelurahan. Saat ini yang banyak menjadi nasabah adalah buruh harian lepas. Rata-rata mereka tukang sapu di jalan.

"Setiap tiga bulan mereka berlomba menabung sampah, seperti daun-daunan. Ini direkapitulasi diumumkan siapa yang banyak setiap bulannya, Ini juga untuk mendukung juga ekonomi para BHL," ungkapnya.

Saat ini pihaknya fokus pada sampah plastik, sesuai dengan kebijakan strategis daerah pengurangan sampah plastik. Tujuannya agar ada peningkatan pengolahan sampah dan jumlah sampah di desa kelurahan bisa menurun.

Pengadaan Sarpras di Bank Sampah itu berupa rumah mesin dan pagar keliling itu dibantu oleh PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), merupakan investasi sosial di bidang lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Senior Advisor Corporate Affair PT.CPI Suyatno, mengatakan pihaknya mendukung penuh program ini sebagai bentuk tanggungjawab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Program peningkatan sarana dan prasarana Bank Sampah Pelangi ini merupakan salah satu program investasi sosial PT. CPI di bidang lingkungan dan pemberdayaan ekonomi.

"Ini sebagai wujud tanggungjawab kami dalam ikut andil menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan masyarakat. Selain itu juga sebagai upaya mendukung program Bapak Bupati untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat di Kecamatan Siak melalui Bank Sampah Pelangi ini," ujarnya.(Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved