Breaking News:

PLN UP3 Pekanbaru Angkat Marwah Pantun Riau

kegiatan Lomba Berbalas Pantun Piala Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh PT. Balai Pustaka

Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
PLN UP3 Pekanbaru Angkat Marwah Pantun Riau 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Penganugerahan pemenang Lomba Berbalas Pantun (Gedung Kementrian BUMN, 10 Juni 2021) merupakan kegiatan puncak dari serangkaian kegiatan Lomba Berbalas Pantun Piala Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh PT. Balai Pustaka. 

Peserta lomba yang mengikuti lomba berbalas pantun ini telah memecahkan rekor dengan jumlah peserta sebanyak 1.085 peserta yang terbagi dalam 2 Kategori. Kategori pertama kategori *Milenial BUMN* yang diikuti oleh seluruh BUMN dan Kategori kedua *Kategori Umum* yang diikuti oleh seluruh daerah dari Aceh sampai Papua. 

Penentuan pemenang dinilai langsung oleh 3 Juri Utama, Syam Haesy _(Penyair dan pengamat sosial budaya)_, Rendra Setyadiharja _(Pemecah rekor MURI berbalas pantun 6 jam dari Kepri)_, Dewi Yull _(Penyanyi dan pegiat sastra)_ serta Juri Kehormatan Sandiaga Uno _(Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)_. 

Tim Pantun Tuah Pujangga, yang berasal dari salah satu Sanggar Seni di Kota Pekanbaru berhasil menyabet Juara 1 pada Kategori Umum, sedangkan Tim Pantun Sinergi Pekanbaru yang beranggotakan Milenial BUMN dari PLN UP3 Pekanbaru, berhasil mempersembahkan juara 2 pada Ketegori Milinial BUMN

Selain itu, Tim Pantun Tige Suboh dari PLN UIW Riau dan Kepri dan Tim Pantun Zapin Melayu dari PLN UPDK Pekanbaru berhasil masuk dalam 10 nominasi terbaik pada Kategori Milenial BUMN

Keempat Tim Pantun tersebut membawa nama harum Provinsi Riau diajang Lomba Pantun Tingkat Nasional. 

Pantun telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda milik Indonesia. 

Mentri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ), Erick Thohir sangat mengapresiasikan kegiatan ini yang menjadi wadah kreatifitas dan inovasi berbasis budaya.

Keberlangsungan budaya pantun ada ditangan kita semua. Kalau bukan kita yang lestarikan, pantun hilang dimakan jaman. 

Saya harap semangat dan kreatifitas seluruh peserta menjadi motivasi PT Balai Pustaka untuk terus meningkatkan penyelenggaraan Lomba Berbalas Pantun di tahun depan dan Kegiatan Lomba Berbalas Pantun ini dijadikan kegitan rutin tahunan. 

"Lestarikan pantun budaya bangsa, budaya terjaga jayalah Indonesia". Tutup Erick Thohir 

Untuk dapat melihat kreatifitas dan inovasi para pemenang Lomba Berbalas Pantun tahun ini, bisa disaksikan pada channel Youtube Balai Pusta TV atau dari instagram pt_balaipustaka. (Adv)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved