Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Anggota Komisi IV DPRD Ruslan Sebut Investor KIT Tak Jelas, Hanya Bualan Kosong, Akan Hearing Pemko

Progres kawasan industri tenayan (KIT) hingga kini, terus disorot kalangan legislator di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Istimewa
Ruslan Tarigan SPd MH 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Progres kawasan industri tenayan (KIT) hingga kini, terus disorot kalangan legislator di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru.

Kini giliran Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan SPd MH, mempertanyakan pembangunan kawasan yang bakal dijadikan ikon Kota Pekanbaru tersebut.

Menurut Politisi senior PDI-P ini, perusahaan BUMD yang berkoar-koar akan mendatangkan investor dari luar negeri, sampai saat ini hanya bualan kosong.

"Jangan terlalu banyak teori lah, investor dari luar negeri itu mana. Sudah berapa tahun hanya rencana saja. Padahal di Indonesia banyak investor yang bisa diajak kerjasama," tegas Ruslan Tarigan kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (16/6/2021).

Seperti diketahui, KIT sudah direncanakan dalam Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) dengan luas sekitar 3.700 hektare.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, seluas 1.500 hektar di KIT itu masuk dalam kawasan industri strategis.

KIT ini akan dibangun pabrik pengolahan Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit. Pabrik tersebut akan memproduksi 2 juta ton minyak sawit per tahun. 

Nanti juga ada pabrik obat dan kosmetik. Pabrik-pabrik ini akan membuka lapangan pekerjaan bagi 155.000 orang.

Bahkan saat ini, satu pembangkit listrik lagi sedang dibangun di KIT. Satu pembangkit listrik lainnya sudah beroperasi yaitu PLTU Tenayan.

"Kalau kita lihat konsepnya, sangat bagus. Tapi mana progresnya, ini sebentar lagi habis masa kepemimpinan Walikota Firdaus MT dan Ayat Cahyadi. Kita sayangkan juga kenapa belum ada progres jelas dari Pemko, tak bisa covid-19  jadi alasan progres ini molor, " sebutnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved