Breaking News:

UKM Alat Pertanian Binaan PTPN V Raih Sertifikat SNI Pertama di Indonesia

roduk perkebunan yang dihasilkan mitra usaha binaan PT Perkebunan Nusantara V, Rumbio Jaya Steel (RJS) berhasil mengantongi sertifikat mutu SNI

Editor: rinalsagita
istimewa
Wakil Gubenur Riau, Edy Natar Nasution melihat langsung egrek dan dodos yang merupakan produksi UKM mitra binaan PTPN V, Koperasi Rumbio Jaya Steel. Kedua produk Perkebunan tersebut berhasil mengantongi sertifikat SNI pertama di Indonesia untuk kategori UKM. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Produk perkebunan yang dihasilkan mitra usaha binaan PT Perkebunan Nusantara V, Rumbio Jaya Steel (RJS) berhasil mengantongi sertifikat mutu Standar Nasional Indonesia dari Badan Standarisasi Nasional pertama di Indonesia untuk kategori usaha kecil menengah (UKM).

Kedua produk yang berhasil mengantongi SNI itu adalah egrek dan dodos.

Sertifikat jaminan kualitas wahid tersebut diserahkan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution kepada Kelompok Koperasi Rumbio Jaya Steel (RJS) di Kediaman Dinas Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Kamis (16/6/2021).

Selain dua produk mitra binaan PTPN V, juga terdapat satu produk Madu Wibi yang juga mendapatkan sertifikat yang sama.

Senior Executive Vice President Operations PTPN V, Ospin Sembiring dan Sekretaris Perusahaan PTPN V, Bambang Budi Santoso turut hadir mendampingi mitra binaan mereka menerima penyerahan sertifikasi SNI tersebut.

Mantan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman yang kini menjadi wakil rakyat juga hadir untuk menyaksikan momen spesial itu.

"Kita patut berbangga hati dengan produk-produk Riau yang mampu menunjukkan kualitasnya hingga berhasil meraih SNI. Ini menjadi bukti bahwa produk lokal kita bisa bersaing di tanah air. Diharapkan keberhasilan ini dapat menjadi perangsang bagi UMKM lainnya untuk meningkatkan standar produksi sesuai standar yang telah ditetapkan," kata Edy.

Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V, Jatmiko K Santosa dalam keterangannya menjelaskan bahwa pihaknya telah merangkul Koperasi Rumbio Jaya Steel (RJS) sejak awal 2020 lalu.

PTPN V memilih menggunakan produk buatan pandai besi Desa Teratak, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar di tengah gempuran peralatan mekanisasi perkebunan impor.

Pada tahap awal, PTPN V selanjutnya menjalin kerjasama pembelian peralatan panen perkebunan sawit sebesar Rp1,6 miliar ke Koperasi RJS.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved