Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Wacana PPN Pendidikan, Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Sebut Pemerintah Sudah Kacau

Di saat pandemi, kini justru datang rencana pemerintah, yang akan memungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari jasa pendidikan atau sekolah.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
FOTO ILUSTRASI - Sekolah. Di saat pandemi, kini justru datang rencana pemerintah, yang akan memungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari jasa pendidikan atau sekolah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Karut marut dunia pendidikan di Indonesia, tidak ada hentinya.

Di saat kini biaya sekolah mahal dan sebagian belum tepat sasaran, bahkan di saat pandemi, kini justru datang rencana pemerintah, yang akan memungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari jasa pendidikan atau sekolah.

Tidak hanya politisi di Senayan, namun wacana ini juga mendapat penolakan dari legislator di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru.

Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Yasser Hamidy menegaskan, bahwa wacana tersebut tidak konstitusional, atau tidak sesuai dengan amanat Pasal 31 Undang-undang Dasar 1945.

Katanya, konstitusi menekankan bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab negara.

"Sangat jelas kita ketahui, bahwa tugas negara membiayai Pendidikan rakyat, bukan sebaliknya rakyat membiayai Pendidikan, bahkan kena pajak," tegas Yasser kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (17/6/2021).

Disebutkan, wacana ini sudah mencederai cita-cita pendiri bangsa, yang tertulis jelas dalam preambule UUD 1945, yakni tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Kalau ini, jelas tidak mencerdaskan rakyat. Kacau Pemerintah seperti ini. Mestinya, di saat pandemi covid-19 ini, lebih memikirkan kesejahteraan masyarakatnya yang terkena dampak," kata politisi PKS ini.

Di tengah kondisi masyarakat yang serba sulit sekarang ini, pihaknya sudah dipastikan menolak rencana pungutan PPN dari sekolah.

Apalagi tidak semua masyarakat mampu untuk hal ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved