Breaking News:

Video Berita

VIDEO Pemkab Pelalawan Kembali Refocusing APBD Penanganan Covid-19 Capai Rp 48 Miliar, Sebanyak Itu?

Jika hingga batas waktu yang ditentukan Pemda belum menyerahkan hasilnya ke Kemendagri, pencairan Dana Alokasi Umum (DAU) bakal ditunda

Penulis: johanes | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan Riau kembali melakukan refocusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 yang dialokasikan untuk penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Refocusing APBD untuk Covid-19 ini merupakan kali kedua setelah tahun lalu Pemda juga melakukan hal serupa.

Adapun dana yang penanganan Covid-19 yang dikumpulkan dari proses refocusing mencapai Rp 48 Miliar dari total APBD tahun 2021 mencapai Rp 1,4 Triliun lebih.

Angka itu lebih rendah dibanding tahun 2020 yang mencapai Rp 63 M.

"Proses refocusing APBD sudah selesai dan dana Covid-19 sebesar Rp 48 Miliar telah didapatkan," terang Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pelalawan, Devitson Saharuddin SH MH, kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (17/06/2021).

Devitson menjelaskan, pihaknya akan segera mengirimkan laporan hasil refocusing tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Jika hingga batas waktu yang ditentukan Pemda belum menyerahkan hasilnya ke Kemendagri, pencairan Dana Alokasi Umum (DAU) bakal ditunda.

Refocusing APBD untuk Covid-19 tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dan Peraturan Mendagri, daerah diharuskan memfocuskan anggaran kembali dalam penanganan Covid-19.

Alokasinya sebesar 8 persen dari total DAU dan didapat angkanya sebesar Rp 48 M.

"Ini total dari instansi atau Organisasi Perangkat Daerah yang tergabung dalam Satgas Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved