Breaking News:

PPDB Tingkat SMP Sederajat di Pelalawan Dimulai, Sebagian Besar Masih Pakai Sistem Manual

Hari ini, Senin, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Pelalawan Riau dimulai

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
istimewa
FOTO ILUSTRASI - SMA Binsus Bernas Pangkalan Kerinci, Selasa (26/1/2021). Senin (21/06/2021), Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Pelalawan Riau dimulai dan akan berlangsung selama empat hari sampai Kamis (24/06/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Hari ini, Senin (21/06/2021), Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Pelalawan Riau dimulai dan akan berlangsung selama empat hari sampai Kamis (24/06/2021).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pelalawan menyerahkan sepenuhnya kepada panitia PPDB di sekolah masing-masing terkait sistem penerimaan siswa baru ini.

Apabila dilakukan secara online, pihak sekolah yang menyiapkan website yang menjadi media pendaftaran para calon murid.

Jika masih menggunakan sistem manual, tentu pihak sekolah sudah terbiasa melaksanakannya dan persiapan yang diperlukan tidak serumit sistem online.

"Sistem PPDB ini tergantung sekolah masing-masing. Apakah pakai online atau manual. Itu kewenangan mereka. Pastinya kita sudah memberikan jadwal dan tahapannya," terang Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Disdikbud Pelalawan, Martias M.Pd, kepada tribunpekanbaru.com, Senin (21/06/2021).

Ia menyebutkan, ada empat jalur yang digunakan dalam merekrut peserta didik baru ini yakni jalur prestasi, zonasi, afirmasi, serta perpindahan orangtua. Pihak selah menerakan persentase dan porsi dari setiap jalur yang digunakan dalam PPDB.

"Porsi terbesar untuk jalur zonasi. Ini memang dalam pemerataan jumlah siswa di setiap sekolah," tandas Martias.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan SMP Disdikbud Pelalawan, Yasri Budu menyebutkan, sebagian besar sekolah SMP di Pelalawan masih menggunakan pendaftaran sistem manual.

Mengingat aplikasi untuk sistem online belum bisa diterapkan, ditambah lagi masalah jaringan internet yang belum merata di semua daerah di Pelalawan.

"Ada juga yang online. Ada yang semi online dan memang kebanyakan masih sistem manual," beber Yasri Budu.

Khusus SMP yang ada di Kota Pangkalan Kerinci, dikatakan Yasri, PPDB online diterapkan oleh SMPN 1 Pangkalan Kerinci dan SMPN Bernas.

Sedangkan SMPN 2 hingga SMPN 4 memakai sistem semi online, dimana calon siswa bisa mendaftar secara online dan manual.

Sedangkan 11 kecamatan lainnya di Pelalawan masih memakai sistem manual. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Berita Pelalawan lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved