Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Wamen ATR/BPN RI Kunker di Kepulauan Meranti, Bahas PPIPPIB

Kehadiran Wamen ATR/BPN ini juga bertujuan untuk Rapat Konsultasi dan mendengarkan persoalan Penetapan Peta Indikatif Penghentian Pemberian Izin baru

Penulis: Teddy Tarigan | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Dr Surya Tjandra SH LLM berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kehadiran Wakil Kepala Badan Pertanahan (BPN) di Kabupaten termuda di Riau tersebut menggunakan Helikopter dan turun di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Selasa (22/6/2021) pagi.

Surya Tjandra juga hadir bersama Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, Ketua Kelompok DPD/MPR RI, Dr Hj Intsiawati Ayus SH MH, Wakil Ketua Komisi I DPD MPR RI, Fernando Sinaga STh, Kakanwil BPN Provinsi Riau, M. Syahrir A. ptnh SH MM.

Kehadiran Rombongan Menteri ATR/BPN disambut langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH, Wakil Bupati AKBP (Purn) H Asmar, dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kepulauan Meranti, Doni Syafrial SSiT MSi serta pejabat lainnya.

Kehadiran Wamen ATR/BPN ini juga bertujuan untuk Rapat Konsultasi dan mendengarkan persoalan Penetapan Peta Indikatif Penghentian Pemberian Izin Baru (PPIPPIB) di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Saat diwawancara Wamen ATR/BPN Surya Tjandra menjelaskan kehadirannya untuk menghimpun data dan masukan dari daerah terkait persoalan tanah yang ada di daerah.

"Dari total luas tanah itu yang bisa APL (Area Penggunaan Lain), Area Pemanfaatan Lain tapi bisa dibangun 20,9 persen, sepertiga," ungkapnya.

Dijelaskannya 96 persen dari sepertiga luas tanah APL tersebut masuk dalam kawasan PIPPIB yang juga diartikan sebagai kawasan hutan.

Walaupun kenyataannya sebagian besarnya juga diketahui tidak lagi merupakan hutan dan bahkan sudah dibangun.

Terkait hal tersebut, Surya mengatakan akan berkoordinasi dengan kementrian terkait untuk jalan keluar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved