Breaking News:

Ketahui Penyebab Batu Ginjal, Cegah Sebelum Terlambat, Jaga Kesehatan Ginjal Anda

Pahami dan ketahui penyebab batu ginjal, lakukan upayah mencegah penyakit ginjal agar ginjal tetap sehat.

Editor: Ilham Yafiz
unsplash @averey
Ilustrasi Ginjal 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pahami dan ketahui penyebab batu ginjal, lakukan upayah mencegah penyakit ginjal agar ginjal tetap sehat.

Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab batu ginjal. Dengan mewaspadai penyebabnya, Anda bisa mencegah pembentukan batu ginjal dalam tubuh sehingga kondisi kesehatan Anda terjaga.

Mengutip dari Harvard Health Publishing (health.harvard.edu), batu ginjal terbentuk akibat penumpukan beberapa jenis mineral dalam tubuh.

Mineral yang menumpuk akan mengkristal dan ukurannya terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Nah, ukuran batu ginjal yang terus membesar dapat mengganggu aliran dalam saluran pencernaan.

Akibatnya, Anda mengalami rasa sakit, apalagi saat buang air kecil. Untuk menghindari hal itu, tentu saja Anda perlu menghindari beberapa faktor penyebabnya.

Dehidrasi

Dehidrasi atau tubuh yang kekurangan cairan dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Banyak minum air putih dapat mengencerkan zat yang terkandung dalam urin sehingga risiko pembentukan batu ginjal dapat turun.

Usahakan untuk minum 2 L air putih setiap hari. Selain itu, megonsumsi buah sitrus, seperti lemon atau jeruk, juga bisa Anda jadikan pilihan. Dengan begitu, Anda bisa menghindari terbentuknya batu ginjal dalam tubuh.

Makanan Tinggi Natrium

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung natrium bisa jadi salah satu penyebab batu ginjal. Alasannya karena jenis makanan itu dapat meningkatkan jumlah kalsium yang mana meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Protein Hewani

Penyebab batu ginjal berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah protein hewani, seperti daging merah, telur, atau seafood. Jenis makanan itu mampu meningkatkan asam urat sehingga risiko terbentuknya batu ginjal pun semakin tinggi.

Tidak berhenti sampai di situ, terlalu banyak mengonsumsi protein hewani dapat menurunkan jumlah sitrat dalam urin. Padahal, senyawa itu dibutuhkan agar urin tak menumpuk dan membentuk batu ginjal.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved