Breaking News:

Inhil

Alhamdulillah, Gaji Guru Bantu Daerah Provinsi di Inhil Akhirnya Dibayarkan Setelah Telat 3 Bulan

Sempat tersendat selama tiga bulan, akhirnya gaji 393 guru bantu di Kabupaten Inhil Riau bakal dibayar. Propinsi telah mentransfer dana Rp 2,3 M.

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: CandraDani
Grafis Tribun Pekanbaru/Didik Ahmadi
Ilustrasi uang 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHAN – Gaji Guru bantu Provinsi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang sempat tersendat akhirnya dibayarkan langsung selama tiga bulan.

Total dana sebesar Rp. 2.358.000.000 ditransfer oleh Provinsi Riau untuk membayar gaji guru bantu provinsi selama bulan April – Juni 2021.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Inhil, HM Irwan menuturkan, dana pembayaran gaji guru bantu provinsi sudah dibayarkan melalui rekening BNI dan BRI kepada 393 orang guru bantu provinsi di Kabupaten Inhil.

“Dana tersebut akan dibayarkan kepada guru bantu provinsi jenjang TK sebanyak 24 orang, SD 264 orang dan SMP 105 orang,” ungkap HM Irwan kepada Tribun Pekanbaru, Kamis (24/6/21)

Baca juga: Kabar Bahagia,Rp 99 Miliar Gaji Guru Bantu di 6 Daerah Sudah Ditransfer Pemprov Riau,Ini Rinciannya

Baca juga: Pemprov Riau Salurkan Bantuan Keuangan Gaji Guru Bantu di Tiga Kabupaten, Ini Rincianya

Menurut Irwan, keterlambatan terjadi karena banyaknya proses yang harus dilalui hingga akhirnya gaji diterima oleh guru yang bersangkutan.

Pada awalnya kabupaten harus mengajukan dulu uang permintaan untuk pembayaran gaji ke provinsi, selanjutnya provinsi mentransfer ke keuangan kabupaten, keuangan kabupaten mentransfer ke Disdik, selanjutnya disdik ke bank, bank ke rekening guru.

“Pembayaran gaji guru bantu provinsi memang berbeda dengan pembayaran gaji guru PNS daerah, karena dana gaji guru bantu daerah yang menjadi tanggung jawab provinsi bersumber dari keuangan provinsi. Makanya prosesnya agak panjang,” jelas Irwan.

Untuk diketahui, pembayaran gaji guru bantu daerah provinsi di Kabupaten Inhil selama 3 bulan sempat tidak ada kejelasan karena belum juga di cairkan hingga 20 Juni 2021.

Baca juga: Gaji Guru Bantu Mandek 3 Bulan, Plt Kadisdik Kepulauan Meranti Ungkap Pihak Pemprov Riau Lupa

Baca juga: Gaji Guru Bantu di Riau Memang Belum Disalurkan Pemprov, Ini Penyebabnya, Simak Penjelasan Pj Sekda

Keterlambatan ini membuat Keresahan di kalangan semua guru bantu daerah provinsi di Kabupaten Inhil, apalagi sebelumnya juga mengalami keterlambatan pembayaran gaji pada tiga bulan pertama, yakni Januari, Februari, Maret di tahun 2021 yang akhirnya dibayarkan pada bulan April tahun 2021.

Padahal pada tahun sebelumnya untuk bulan april sampai desember tidak mengalami keterlambatan dan biasanya selalu dibayarkan setiap akhir bulan. (Tribunpekanbaru.com/T. Muhammad Fadhli).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved