Breaking News:

Ini Asupan Gizi dan Vitamin untuk Kesehatan Otak, Perhatikan Pola Makan Anda

Konsumsi makanan bukan hanya untuk asupan gizi tubuh semata, perhatikan juga kebutuhan gizi untuk otak.

Editor: Ilham Yafiz
Pexels @meo
Ilustrasi otak. Kenali vitamin dan suplemen untuk kesehatan otak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Konsumsi makanan bukan hanya untuk asupan gizi tubuh semata, perhatikan juga kebutuhan gizi untuk otak.

Makanan bergizi penuh nutrisi dan vitamin berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan.

Meski begitu, beberapa orang mungkin juga membutuhkan tambahan nutrisi dan vitamin yang lebih banyak melalui berbagai macam suplemen, untuk menjaga kesehatan otak.

Para ahli kesehatan pun memberikan beberapa rekomendasi terkait vitamin dan suplemen terbaik untuk menjaga kesehatan otak. Berikut beberapa daftar vitamin dan suplemen yang penting untuk kesehatan otak.

1. Asam lemak omega-3

Salah satu vitamin dan suplemen yang penting untuk kesehatan otak adalah asam lemak omega-3. Suplemen asam lemak omega-3 adalah cara yang tepat untuk menjaga otak tetap tajam dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Dokter spesialis penyakit dalam dan gastroenterologi, Niket Sonpal, MD mengatakan, omega-3 terbukti mampu meningkatkan fungsi memori dan waktu reaksi di otak. "Asam lemak omega-3 juga memainkan peranan penting dalam memerangi proses penuaan otak," tambah dia.

Menurut sebuah penelitian, nutrisi yang sering ditemukan pada ikan berlemak ini memiliki kemampuan untuk meringankan gejala depresi. Padahal, kualitas daripada kuantitas adalah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika memilih suplemen omega-3. "Asam lemak omega 3 telah diteliti dengan baik sebagai anti-inflamasi," ujar Psikoterapis, Teralyn Sell.

"Suplemen minyak ikan memiliki kandungan omega-3 yang tinggi sebagai antioksidan yang kuat untuk mendukung kesehatan jantung, otak, dan meningkatkan kekebalan tubuh," lanjut dia.

2. Vitamin B kompleks

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved