Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Komisi IV DPRD Pekanbaru Janji Perjuangkan Usulan Tambahan Mobil Rescue DPKP Pekanbaru

Komisi IV DPRD Pekanbaru berjanji akan memperjuangkan, usulan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pekanbaru, terkait tambahan mobil rescue

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Foto/Haznil
Ilustrasi - Mobil Damkar. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi IV DPRD Pekanbaru berjanji akan memperjuangkan, usulan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pekanbaru, terkait tambahan mobil rescue.

Sebab, melihat kebutuhannya dan padatnya pemukiman dan gedung-gedung yang ada di Kota Pekanbaru, tidak layak DPKP hanya punya satu mobil rescue.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono menyebutkan, bahwa pihaknya akan serius memperhatikan permintaan tambahan mobil rescue bagi pemadam kebakaran. 

"Mobil rescue sangat penting. Kota sebesar ini hanya punya mobil rescue satu, itupun sudah hancur karena kecelakaan kemarin. Jadi hal ini jadi perhatian Komisi IV, ketika pembahasan nanti akan kita perjuangkan," janji Sigit Yuwono kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (25/6/2021).

Setidaknya, dari usulan DPKP Pekanbaru saat hearing kemarin, butuh 4 unit mobil rescue. Untuk pengadaan 4 unit mobil rescue tersebut, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 10 miliar.

Memang, melihat kekuatan anggaran saat ini, tidak mungkin bisa direalisasikan semuanya sekaligus. Paling tidak, bisa direalisasikan satu dalam satu tahun.

"Kita akan bahas ini di Banggar nantinya. Tentunya bersama TAPD, apakah anggaran memungkinkan. Kan harus melihat kekuatan anggaran kita," sebutnya.

Pada hearing Selasa kemarin, Kepala DPKP Pekanbaru Burhan Gurning menyampaikan, bahwa Kota Pekanbaru idealnya memiliki minimal 4 mobil rescue.

Namun kondisi saat ini, Damkar Pekanbaru hanya memiliki 1  unit mobil rescue yang harus melayani masyarakat di 15 Kecamatan.

"Memang kami minta disupport Komisi IV sebagai mitra. Karena ini dari dulu saya minta ke Pemko, idealnya mobil SPM (sentra pelayanan masyarakat) untuk Kota Pekanbaru ada 4. Kita ini sudah kota besar, yang kini punya 15 Kecamatan," sebutnya.

Diakuinya, idealnya dengan pesat perkembangan saat ini, minimal sudah  memiliki 4 rescue. Yang ada sekarang, hanya satu, itu pun sudah rusak berat karena mengalami kecelakaan pada pekan lalu.

"Dukungan itu sangat kami harapkan. Sehingga kinerja Tim Damkar semakin bagus," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved