Breaking News:

Pekan Life

Mantan Camat Tenayan Raya Terdakwa Dugaan Korupsi Dana PMBRW Dituntut 5,5 Tahun Penjara

Selain hukuman penjara 5 tahun, mantan camat Tenayan Raya Abdimas juga dituntut harus membayar denda sebesar Rp250 juta.

Penulis: Rizky Armanda | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
Mantan Camat Tenayan Raya, Abdimas Syahfitra, tersangka kasus dugaan kasus korupsi PMBRW dan dana kelurahan ditahan jaksa Kejari Pekanbaru, Selasa (15/12/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Terdakwa kasus dugaan korupsi dana Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW) Kecamatan Tenayan Raya, Abdimas Syahfitra, dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) 5 tahun 6 bulan penjara, atau 5,5 tahun.

Tuntutan untuk Abdimas yang merupakan mantan Camat Tenayan Raya ini, dibacakan JPU dalam sidang di Pengadilan Tipikor Pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru. Sidang dipimpin majelis hakim yang diketuai hakim Mahyudin.

JPU menyatakan Abdimas bersalah melanggar 2 Ayat (1) Jo Pasal 18 Ayat (1) b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP.

"Menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun dan 6 bulan dipotong masa penahanan," ungkap JPU dalam sidang Kamis kemarin.

Baca juga: Masih Ingat Dugaan Korupsi Mantan Camat Tenayan Raya Pekanbaru? Ini Update Kasusnya

Baca juga: Wako Pekanbaru Prihatin Mantan Camat Tenayan Raya Terjerat Korupsi dan Ditahan Jaksa

Selain hukuman penjara, Abdimas juga dituntut harus membayar denda sebesar Rp250 juta.

Jika tidak dibayarkan maka dapat diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan.

Tidak hanya itu, Abdimas juga diwajibkan mengembalikan uang kerugian negara sebesar Rp493 juta. Jika tidak dibayarkan, maka dapat diganti dengan pidana kurungan selama 1 tahun.

Atas tuntutan jaksa, Abdimas melalui kuasa hukumnya mengajukan pembelaan atau pledoi. Ini akan disampaikan pada agenda sidang pekan depan.

Kronologi Korupsi Dana PMBRW Kecamatan Tenayan Raya

Sebelumnya, disebutkan dalam surat dakwaan JPU, Abdimas Syahfitra selaku Camat Tenayan Raya bersama pendamping Kelurahan Sialang Sakti dan Tuah Negeri, Fauzan (DPO) telah memperkaya diri sendiri dan korporasi dalam melaksanakan program PMBRW di Kecamatan Tenayan Raya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved