Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Pekerjaan Perpipaan Air Limbah Pekanbaru Sudah 85 Persen, DPRD Pekanbaru: Ranperdanya Sedang Digodok

Saat ini kontraktor secara berangsur telah menyelesaikan pekerjaan di beberapa ruas jalan hingga pekerjaan pengembalian jalan atau pengaspalan.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Kendaraan melintas di Jalan Durian, Pekanbaru yang rusak akibat galian perpipaan limbah rumah tangga yang belum diperbaiki, Kamis (3/6/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pembangunan Perpipaan Air Limbah Kota Pekanbaru, khususnya Paket SC-1, saat ini terus mengejar target pelaksanaan, yang secara kontrak akan selesai pada akhir Desember 2021 ini.

Saat ini kontraktor secara berangsur telah menyelesaikan pekerjaan di beberapa ruas jalan hingga pekerjaan pengembalian jalan atau pengaspalan.

Bahkan kontraktor pelaksana paket SC-1 mengklaim, hingga Bulan Juni 2021 ini, kontraktor telah mencapai progres pekerjaan 85 persen. Di mana sisa 15 persen tersebut direncanakan, selesai di akhir tahun 2021, atau bahkan lebih cepat.

Terkait pembangunan air limbah domestik tersebut, kini DPRD Pekanbaru sedang membahas regulasinya. Ranperda tersebut bernama Ranperda Pengelolaan Air Limbah Domestik.

"Pansus DPRD sekarang sedang menggodok Ranperdanya. Insya Allah secepatnya kita sahkan," kata Ketua Pansus Ranperda Air Limbah Domestik DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (27/6/2021).

Pembahasan yang sudah dilakukan Pansus yakni, konsultasi ke Kementerian PUPR, serta mengundang Dinas PUPR Pekanbaru, perwakilan Kementerian PUPR Wilayah Riau, serta sejumlah tenaga ahli, untuk berkoordinasi dan membahas ini.

Bahkan Pansus akan berkonsentrasi memberikan pemahaman kepada masyarakat, manfaat pengelolaan air limbah atau IPAL.

"Untuk sosialisasinya, meski agak sulit dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, namun manfaat pengelolaan air limbah domestik ini, harus sukses dilakukan," sebut Politisi Partai Gerindra ini.

Manager Project PT Wijaya Karya (Wika), Lutfi Bina menjelaskan, bahwa sejak periode April-Mei 2021, kontraktor sudah melakukan pengembalian jalan atau pengaspalan di beberapa jalan seperti Jalan Pepaya, Jalan A Yani 1, Jalan Ababil dan Jalan Balam, Sukajadi.

Hal ini sebagai bukti Pertanggungjawaban yang dilakukan oleh kontraktor, setelah melakukan penyelesaian pemasangan pipa air limbah. Selanjutnya, pada periode Juni 2021 ini ditargetkan melakukan pengaspalan di Jalan Ahmad Dahlan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved