Breaking News:

Annas Maamun Pindah ke Nasdem Diprediksi Bakal Pengaruhi Golkar Riau, Begini Kata Pengamat Politik

Politisi senior Annas Maamun pindah dari Golkar ke Nasdem. Hal ini diprediksi pengamat politik bakal mempengaruhi partai berlambang pohon beringin itu

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Pengamat Politik Panca Setyo Prihatin mengatakan kepindahan Annas Maamun, kader senior Partai Golkar ke Partai Nasdem bakal mempengaruhi partai berlambang pohon beringin yang ditinggalkannya. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepindahan politisi senior Annas Maamun ke Nasdem diprediksi bakal mempengaruhi partai yang ditinggalkan, di mana ia sebelumnya merupakan kader senior Golkar.

Di mata pengamat politik, perpindahan Anas Maamun ini akan mempengaruhi internal partai berlambang pohon beringin itu.

Memang, menurut pengamat Politik Universitas Islam Riau Panca Setyo Prihatin perpindahan kader partai dari satu partai ke partai lain adalah dinamika yang jamak terjadi khususnya dalam peta politik parpol di indonesia.

Karena tidak ada ikatan yang kuat kader harus berada dalam partainya karena tidak ada aturan yang mengikat dan bisa pindah sewaktu - waktu keluar.

"Tetapi memang menjadi persoalan yang besar bagi partai mengingat kader adalah sumber energi bagi parpol, baik dari aspek finansial, popularitas kader dan yang pasti berbanding lurus dengan upaya mendapatkan dukungan publik pada saat kontestasi politik baik pilkada, pilpres atau Pileg dari daerah sampai pusat,"urai Panca.

Sehingga, walaupun perpindahan kader dari parpol satu ke parpol yang lain merupakan hal yang lumrah tapi menurut Panca, menjadi perbincangan publik jika tokoh parpol yang sangat berpengaruh.

Apalagi Annas Maamun merupakan mantan Bupati Rokan Hilir (Rohil) dan Gubernur Riau.

Annas juga yang dikenal sebagai tokoh Golkar dan sangat kuat pengaruhnya atas kemenangan partai Golkar baik di daerahnya, Rohil dan Provinsi Riau umumnya.

Perpindahannya bisa menjadi goncangan politik bagi Partai Golkar.

"Setidaknya, perpindahan haluan politik Annas Maamun akan diikuti oleh para loyalisnya yang masih banyak tersebar se-Pprovinsi Riau,” ujarnya.

“ Di sisi lain, isu kepindahan Annas Maamun ke partai Nasdem jelas menjadi sinyal bagi persiapan parpol menghadapi pemilu legislatif dan pilkada serentak 2024," imbuh Panca.

Untuk persiapan menghadapi pilkada serentak dan pileg 2024, parpol-parpol yang ada pasti akan berupaya mendapatkan kader terbaik yang sudah terbukti pengaruhnya di masyarakat.

Dengan tujuan agar dalam waktu yang singkat tidak perlu terlalu sulit untuk melakukan konsolidasi.

Di antara caranya adalah mendapatkan kader yang sudah siap dengan segala kekuatannya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved