Breaking News:

Pekan Ini Harga TBS Sawit Riau Naik Tipis, Berapa? Sempat Turun 4 Pekan Berturut-turut

Turun selama 4 pekan berturut-turut, akhirnya pekan ini harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Riau naik tipis dari pekan lalu

Penulis: Rino Syahril | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MS, menyampaikan harga TBS kelapa sawit Riau naik tipis pekan ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sempat turun selama 4 pekan berturut-turut, akhirnya pekan ini harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Riau naik tipis dari pekan lalu.

Meski kenaikan itu hanya tipis senilai Rp 19,70 per kilogramnya untuk kelompok umur 10 - 20 tahun, tapi sudah bisa membuat petani tersenyum.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Ir Zulfadli melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MSi menjelaskan tentang harga TBS kelapa sawit penetapan ke 26 bulan Juni 2021 atau periode 30 Juni-6 Juli 2021 di tahun 2021.

Defris mengatakn, harga mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Dengan jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 19,70 per Kg atau mencapai 0,95% dari harga pekan lalu.

"Sehingga harga TBS Kelapa Sawit Riau untuk umur 10 - 20 tahun pekan ini menjadi Rp 2.084,89 per kilogramnya," ujar Kepala Dinas Perkebunan Riau Ir Zulfadli melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MS, Selasa (29/6/2021).

Naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

"Untuk faktor internal naiknya harga TBS periode ini disebabkan terjadinya kenaikan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data," ucap Defris.

Untuk harga jual CPO jelas Defris, PT. PTPN V mengalami kenaikan harga sebesar Rp 202,40/Kg.

PT. Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 107,59/Kg.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved