Breaking News:

Vonis Mati Kurir Sabu di Bengkalis

Tiga Kurir 29 Kg Sabu-sabu Selamat Dari Pidana Mati, Hakim PN Bengkalis Vonis Pidana Seumur Hidup

Ketiga terdakwa semula dituntut hukuman mati oleh JPU, divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Bengkalis dengan hukuman pidana penjara seumur hidup.

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: CandraDani
Istimewa
Majelis hakim PN Bengkalis, Senin (28/6/2021) malam saat pembacaan putusan seumur hidup tiga terdakwa kurir narkoba di Bengkalis 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Tiga terdakwa tuntutan pidana mati yang dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bengkalis pada Kamis (17/6) lalu  selamat dari ancaman hukuman mati. Ketiganya divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Bengkalis dengan hukuman pidana penjara seumur hidup.

Mereka diantaranya Herman alias Izan, Jefrizal alias pak aji dan Jefri Syafriani. Ketiga divonis majelis hakim dalam sidang pembacaan putusan yang digelar terbuka secara virtual, Senin (28/6) malam yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Febriano Hermady di damping dua Hakim Anggota Aldi Pangrestu dan Rita Novitasari.

Para terdakwa mendengar putusannya di Lapas Bengkalis dan di dampingi kuasa hukum mereka dari Posbakum PN Bengkalis. Sementara Jaksa Penuntut umum juga menyaksikan secara virtual di Kejaksaan Negeri Bengkalis.

Putusan majelis hakim dibacakan secara terpisah terhadap tiga terdakwa..

Baca juga: BREAKING NEWS: Kasus Narkoba di Bengkalis, Vonis Mati Bagi 3 Terdakwa Kurir Sabu di PN Bengkalis

Baca juga: Usai Hukum Mati Kurir Sabu 42 Kg, Giliran 2 Kurir 52 Kg Sabu Juga Diputus Pidana Mati PN Bengkalis

Putusan pertama dibacakan untuk terdakwa Jefri Syafriani yang dinyatakan oleh majelis hakim secara sah dan meyakinkan terbukti sebagai perantara dan mengusai narkotika golongan sabu bukan tanaman dengan berat melebihi 5 gram.

Terdakwa juga terbukti dan memenuhi unsur melakukan pemufakatan jahat dalam peredaraan narkoba dengan berat 29,8 kilogram sabu.

Dengan terbuktinya unsur unsur ini terdakwa sudah memenuhi dakwaan primer yang di dakwakan JPU yakni melanggar pasal 114 ayat 2 junto pasal 112 ayat 1 undang undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Karena memenuhi dakwaan primier terdakwa harus mempertangung jawabkan perbuatannya," terang Hakim.

Sebelum menjatuhi hukuman pidana terhadap terdakwa hakim mempertimbangkan beberapa hal. Diantaranya hal yang memberatkan terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana yang didakwakan.

Selain itu perbuatan terdakwa merupakan kejahatan luar biasa serta dapat meracuni generasi penerus bangsa. Majelis hakim juga mempertimbangkan hal yang meringankan para terdakwa, diantaranya terdakwa belum pernah melakukan perbuatan melawan hukum.

Baca juga: Penyelundupan Narkoba ke Riau dari Malaysia, Kurir Sabu-sabu Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara

Baca juga: Oknum Kompol Kurir Pembawa 16 Kg Sabu di Pekanbaru Dituntut Penjara Seumur Hidup

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved