Breaking News:

Merasakan Efek Samping Vaksin Covid-19? Tangani Segera dengan Cara Yang Tepat

Sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap sebanyak dua kali, tetapi tubuh merasakan sejumlah efek samping? jangan panik,

Editor: Ilham Yafiz
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Petugas medis menyuntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca kepada pekerja media di Bentara Budaya Jakarta,, Jakarta Pusat, Senin (28/6/2021), Kompas Gramedia (KG) bersama Dewan Pers melaksanakan program #BerkolaborasiuntukIndonesia: Vaksinasi Covid-19 untuk 10.000 Pekerja Media bertepatan dengan HUT ke-56 Harian Kompas. Target peserta harian adalah 500 orang, sehingga diperkirakan akan digelar selama 20 hari. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap sebanyak dua kali, tetapi tubuh merasakan sejumlah efek samping? jangan panik, lakukan sejumlah langkah ini untuk mengatasinya.

Vaksin Covid-19 sedang digalakkan di seluruh penjuru karena kasus infeksi virus corona meningkat pesat.

Jika Anda akan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, pahami efek samping yang bisa terjadi dan cara penanganannya.

Seperti diketahui, pemerintah mulai memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat umum usia 18 tahun ke atas. Keberlanjutan program vaksinasi ini bisa menjadi angin segar bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir.

Ada banyak manfaat vaksin Covid-19 yang bisa diperoleh masyarakat. Tapi, beberapa orang mungkin masih ragu atau khawatir untuk menerima vaksin Covid-19. Apakah Anda termasuk orang yang sedang menunggu giliran untuk mendapatkan vaksin ini?

Jika iya, sebaiknya tidak terlalu cemas karena Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyatakan bahwa vaksin Covid-19 tidak menimbulkan efek samping serius. Efek samping vaksin Covid-19 sama seperti imunisasi pada umumnya.

Dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No. HK.02.02/4/423/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), disampaikan bahwa secara umum, efek samping vaksin Covid-19 tidak menimbulkan reaksi pada tubuh, atau apabila terjadi, hanya menimbulkan reaksi ringan.

Vaksinasi memicu kekebalan tubuh dengan menyebabkan sistem kekebalan tubuh penerima bereaksi terhadap antigen yang terkandung dalam vaksin.

Efek samping vaksin Covid-19 adalah reaksi lokal dan sistemik seperti nyeri pada tempat suntikan atau demam dapat terjadi sebagai bagian dari respons imun. Komponen vaksin lainnya, misal bahan pembantu, penstabil, dan pengawet juga dapat memicu reaksi.

Covid-19 Vaksin yang berkualitas adalah vaksin yang menimbulkan reaksi ringan seminimal mungkin, tapi tetap memicu respons imun terbaik.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved