Breaking News:

Kapolda Riau Akan Dirikan Pos Polisi & Pasang CCTV di Kampung Dalam Serta Pangeran Hidayat Pekanbaru

Dalam upaya pemberantasan narkoba di Kampung Dalam dan Pangeran Hidayat, Kapolda Riau bakal mendirikan pos polisi dan memasang CCTV di dua kawasan itu

Penulis: Rizky Armanda | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat mengintrogasi kedua tersangka kurir narkoba, Selasa (22/6/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Kepolisian Daerah (Polda) Riau kini akan menerapkan pola dan strategi baru dalam upaya pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkoba, terutama di wilayah Pangeran Hidayat serta Kampung Dalam, Kota Pekanbaru.

Hal ini dilakukan setelah aparat kepolisian gabungan di jajaran Korps Bhayangkara Riau, melakukan operasi besar-besaran.

Dengan menggerebek dan menggeledah sejumlah rumah di dua wilayah tersebut, pada 16 Juni 2021 lalu.

Polisi ketika itu berhasil mengamankan belasan orang, menyita barang bukti berupa narkotika, dan beberapa lainnya yang masih berkaitan dengan peredarannya.

Baca juga: Penangkapan Dihadang Warga, 3 Pengedar di Jalan Pangeran Hidayat Pekanbaru Ditetapkan Jadi Tersangka

Baca juga: Polda Riau Ungkap Transaksi Narkoba di Pangeran Hidayat Pakai Sistim Mirip Drive Thru, Ini Maksudnya

Detik-detik operasi penangkapan pengedar narkoba oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru, Kamis (5/11/2020), yang mendapatkan perlawanan dari warga.
Detik-detik operasi penangkapan pengedar narkoba oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru, Kamis (5/11/2020), yang mendapatkan perlawanan dari warga. (Istimewa)

Pola dan strategi baru untuk memutus mata rantai peredaran narkoba itu, dijabarkan langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Rencananya disebutkan Agung, pihaknya akan mendirikan pos polisi di dua wilayah yang dinilai rawan terjadi peredaran barang haram itu.

Jenderal bintang dua itu memaparkan, dirinya akan langsung meresmikan pos polisi yang ada di sana.

Selain itu diterangkan Agung, pihaknya akan memasang kamera pemantau CCTV di beberapa sudut lokasi.

Ini dilakukan sebagai bentuk pengawasan langsung terhadap aktivitas di wilayah itu.

“Rencananya minggu ini saya datang ke Kampung Dalam dan Pangeran Hidayat untuk meresmikan pos polisi di tengah Kampung Dalam. Dan saya akan pasang CCTV di seluruh sudut Kampung Dalam dan Pangeran Hidayat. Daerah ini harus kita tuntaskan dari kejahatan narkoba. Untuk menjadikan Pekanbaru sebagai kota yang rahmatan lil alamin,” urai Kapolda, Kamis (1/7/2021).

Dipaparkan mantan Deputi Bidang Intelijen Siber BIN ini lagi, dirinya juga akan mencoba melakukan pendekatan dengan pengguna narkoba.

Menurutnya, ini merupakan sisi lain dari upaya memberantas narkoba, selain melakukan penegakan hukum.

Baca juga: Ratu Narkoba di Pekanbaru, Punya Rumah Mewah Diawasi CCTV di Kampung Dalam, Anak Buah Pakai Topeng

Baca juga: VIDEO: Polisi Sita 523 Paket Sabu Siap Edar di Kampung Dalam Pekanbaru, Pelaku Berhasil Kabur

Petugas sedang menghitung uang dalam penggerebekan sebuah rumah di Kampung Dalam
Petugas sedang menghitung uang dalam penggerebekan sebuah rumah di Kampung Dalam (Tribun Pekanbaru/ Budi)

Karena dirinya menilai, pengguna narkoba sejatinya adalah korban. Maka dari itu, dia akan mencoba memasuki wilayah privasi dari para pengguna narkoba.

Dia berharap dengan begitu, para pengguna narkoba ini bisa diselamatkan, dan dirubah tatanan hidupnya supaya dapat kembali ke kehidupan normal.

“Saya ingin rekan-rekan semua memahami, polisi tidak selamanya hanya untuk mengurus orang jahat. Pada hakikatnya, polisi ini juga mengurus perosalan masyarakat yang tidak harus jahat, apa saja. Kita ingin berikan solusi yang baik. Kita akan menjadi teman, menjadi bagian perangkat dari masyarakat,” ungkap Kapolda Riau.(tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved