Breaking News:

Kenali Gejala Long Covid, dan Cara Mengatasi Long Covid

Sebagian orang yang sudah terinfeksi Covid-19 masih mengalami gejala pada tubuhnya.

Editor: Ilham Yafiz
TRIBUNNEWS/HERUDIN
penyuntikan vaksin Covid-19 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kenali Gejala Long Covid-19 dan cara mengatasinya.

Sebagian orang yang sudah terinfeksi Covid-19 masih mengalami gejala pada tubuhnya.

Gejala pasca Covid-19 atau long covid ditandai sebagai suatu kondisi yang menimpa penyintas Covid-19 dengan gejala infeksi virus yang menetap selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Long covid dapat membuat penyintas Covid-19 menderita sejumlah gejala yang membingungkan dan berlangsung cukup lama setelah hasil pengujian negatif untuk infeksi.

Pemulihan Covid-19 pada umumnya berlangsung sekitar 14-21 hari, jika seseorang terus menunjukkan gejala selama lebih dari 4-5 minggu, maka itu tanda utama dia mengalami long covid.

Meskipun belum ada hubungan konklusif mengenai apa yang membuat mereka mengalami long covid, ini tampaknya lebih umum terjadi di antara penyintas yang pernah mengalami Covid-19 dengan gejala sedang hingga parah.

Menurut beberapa penelitian, risiko long covid bisa lebih tinggi terjadi pada wanita, orang-orang dengan indeks massa tubuh yang tinggi (kegemukan), dan kelompok orang yang berusia di atas 50 tahun.

Lamanya gejala long covid

Orang-orang dengan long covid cenderung mengalami gejala kronis dan berkepanjangan untuk periode waktu yang berbeda. Ada yang hitungan minggu gejalanya sudah hilang, tapi tak sedikit yang masih bertahan sampai 8 bulan.

Namun, banyak dari gejala long covid yang terjadi berkaitan dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya dan faktor risiko yang menghambat pemulihan.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved