Breaking News:

Terungkap Alasan Pria di Pekanbaru Pakai Surat Hasil Swab PCR Palsu untuk Terbang

Terungkap alasan atau motif pria di Pekanbaru berinisial HH (38), nekat gunakan surat hasil tes swab PCR Covid-19 palsu.

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
Ekspos pengungkapan kasus pemalsuan surat hasil tes swab PCR Covid-19 di Polresta Pekanbaru, Jumat (2/7/2021). Terungkap alasan atau motif pria di Pekanbaru berinisial HH (38), nekat gunakan surat hasil tes swab PCR Covid-19 palsu sebagai syarat melakukan penerbangan ke luar kota. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Terungkap alasan atau motif pria di Pekanbaru berinisial HH (38), nekat gunakan surat hasil tes swab PCR Covid-19 palsu sebagai syarat melakukan penerbangan ke luar kota.

HH yang merupakan pimpinan sebuah perusahaan ini, menyuruh anak buahnya, JO (26) untuk membuat surat tersebut.

HH dan JP akhirnya ditangkap oleh polisi. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya menjelaskan, tersangka HH awalnya mengaku baru sekali menggunakan surat palsu yang menyatakan hasil negatif Covid-19 tersebut.

Tapi berdasarkan keterangan tersangka JO, dia sudah 3 kali diminta HH untuk membuat surat bebas Covid-19 palsu untuk digunakan.

"Motifnya mau praktis, mau instan. Dia tidak memikirkan dampaknya, ini bisa mengakibatkan upaya kita mencegah covid jadi terhambat. Dia tidak jujur, berupaya membohongi dan mengelabui petugas. Seolah-olah dengan surat yang dia buat itu, membenarkan dia bebas covid," ungkap Nandang.

Terendusnya perbuatan ilegal kedua pelaku, berawal saat pelaku HH hendak berangkat dari Pekanbaru ke Jakarta.

Ketika berada di Bandara Sultan Syarif Kasim II, HH pun menunjukkan surat hasil negatif tes swab PCR Covid-19 keluaran salah satu rumah sakit di Pekanbaru.

Saat dilakukan proses pengecekan dan validasi oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan KKP bandara, ternyata surat milik HH itu dinyatakan tidak resmi dan tidak valid.

Petugas KKP lalu berkoordinasi dengan personel Polsek Bukit Raya, Polresta Pekanbaru. HH lantas diamankan dan diintrogasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved