Breaking News:

Lapor Pak Jokowi! Kecewa dengan TORA dari Presiden, Anggota Koperasi Senama Nenek Berencana Mundur

Lapor Pak Jokowi! Ada warga kecewa dengan TORA dari Presiden, dampaknya sejumlah anggota Koperasi Senama Nenek akan mundur.

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: Nolpitos Hendri
net
Lapor Pak Jokowi! Kecewa dengan TORA dari Presiden, Anggota Koperasi Senama Nenek Berencana Mundur 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Lapor Pak Jokowi! Ada warga kecewa dengan TORA dari Presiden, dampaknya sejumlah anggota Koperasi Senama Nenek akan mundur.

Persoalan dalam pengelolaan Tanah Objek Reformasi Agraria atau TORA dari Presiden untuk masyarakat Desa Senama Nenek Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar terus bergulir.

Samsul Hadi Datuk Simajelo dari Persukuan Domo di Kenegerian Senama Nenek kepada Tribunpekanbaru.com mengungkapkan, anggota Koperasi Nenek Eno Senama Nenek (KNES) kecewa dengan pengurus yang mengelola TORA mereka.

"Ada sebagian anak kemenakan yang berencana mau pisah dari koperasi dan ingin mengelola tanah mereka sendiri secara mandiri," ungkap Samsul Hadi kepada tribunpekanbaru.com, Senin (5/7/2021).

KNES ditunjuk mengelola lahan perkebunan Kelapa Sawit seluas 2.800 hektare dengan 1.385 sertipikat.

Lahan tersebut diberikan kepada masyarakat adat Senama Nenek atas keputusan Presiden RI melepas penguasaannya dari PT Perkebunan Nusantara 5.

Samsul mengungkapkan, sejumlah anak kemenakan menyampaikan rencana mereka dalam pertemuan dengan para datuk selaku Pemangku Adat beberapa waktu lalu.

Semula anggota menuding para datuk telah banyak menikmati hasil dari lahan yang dikelola KNES.

Sementara mereka menerima hasil panen yang sangat sedikit.

"Anak Kemenakan anggota KNES kecewa, mereka hanya menerima 1 juta per bulan sampai 18 bulan sejak lahan dikelola koperasi," ujar Samsul.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved