Breaking News:

Serah Bantuan, TP PKK Kabupaten Siak Canangkan Penurunan Angka Stunting di Sebab Permai

TP PKK Kabupaten Siak menyerahkan bantuan PMT untuk 82 balita dan batita serta 14 ibu hamil di kampung Sabak Permai.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Ketua TP PKK Siak Rasidah Alfedri bersama pengurusnya melihat perkembangan bayi di kampung Sabak Permai, Kecamatan Sabak Auh, saat pencanangan gerakan TP PKK untuk menurunkan angka stunting di Siak, Senin (5/7/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - TP PKK Kabupaten Siak menyerahkan bantuan PMT untuk 82 balita dan batita serta 14 ibu hamil di kampung Sabak Permai.

Penyerahan bantuan tersebut dalam rangka Pencanangan Gerakan TP PKK Kabupaten Siak dalam Menurunkan Angka Stunting, Senin (5/7/2021) di kampung Sabak Permai sebagai lokasi fokus stunting.

Pencanangan ini juga masih bekerja sama dengan BOB PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu dan Pemerintah Kabupaten Siak. Kegiatan pencanangan tersebut berlangsung di Posyandu Delima Kampung Sabak Permai kecamatan Sabak Auh sebagai lokasi lokus stunting.

Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri selalu menekankan kepada orang tua anak maupun kader posyandu pada 1000 hari pertama kehidupan.

"Mencegah anak stunting di mulai semenjak dalam kandungan," jelas Rasidah.

Menurut Rasidah pemberian makanan tambahan ini bukan saja untuk Balita dan Batita tetapi juga untuk ibu-ibu hamil. Karena pada saat itulah dimulai 1000 hari pertama kehidupan.

"Pemberian gizi yang paling penting adalah pada 1000 hari pertama kehidupan atau dimulai dari ibu hamil sampai usia anak 2 tahun," sebutnya.

Menurut Rasidah, pada seribu hari pertama kehidupan itulah, akan dimulai pertumbuh fisik maupun kecerdasan anak.

"Antara 70 sampai 80 persen pertumbuhan sel otak disaat seribu hari pertama kehidupan ini, makanya ini saya harapkan agar menjadi perhatian dari ibu dan bapak sebagai orang tua," ucapnya.

Rasidah menyampaikan, stunting ini terjadi akibat dari kurangnya gizi yang terlalu lama pada saat kehamilan sampai anak berusia 2 tahun. Ciri-ciri anak stunting adalah, pertumbuhan atau tinggi badannya tidak sama dengan anak-anak seusianya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved