Breaking News:

Petani Sayur di Siak Raup Rp23 Juta Sebulan,Tumbangkan Pohon Sawit Beralih Tanam Bayam dan Kangkung

Petani sayur di Siak bernama Herman bahkan mampu hasilkan Rp23 juta sebulan. dari menanam sawit, ia beralih tanam bayam dan kangkung

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Herman (52) memanen sayur di bekas lahan sawit di Kecamatan Tualang, Siak, Riau. Petani sayur di Siak ini sukses raup Rp 23 juta sebulan dengan tanaman hortikultura. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Banyak kisah sukses petani kelapa sawit beralih ke petani hortikultura di Kabupaten Siak. Petani sayur bernama Herman bahkan mampu hasilkan Rp23 juta sebulan

Kesannya, selain sukses ekonomi juga menjadi trend di kalangan perusahaan untuk menekan kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Teranyar, adalah kisah Herman (52), petani tradisionil yang berdomisili di kampung Pinang Sebatang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Baru-baru ini, Herman merasakan kenikmatan hidup dengan hanya menanam kangkung, bayam dan sejumlah komoditas hortikultura lainnya di desanya.

Meski sibuk di ladang kangkung setiap hari, tetapi usaha memang tidak pernah mengkhianati hasil.

Setidaknya, dengan hasil panen kangkung dan komoditas tanaman muda yang digeluti, Herman telah mendapatkan hasil Rp 23 juta bersih per bulan.

“Sejak saya beralih ke hortikultura ini paling sedikit saya mendapat hasil bersih Rp 20 juta, itu paling sedikit. Rata-rata ya Rp 23 juta. Memang kita sibuk di ladang tetapi semakin menarik dan menyenangkan,” kata Herman saat berbincang dengan Tribunpekanbaru.com, Selasa (6/7/2021).

Awalnya, Herman merupakan petani kelapa sawit dengan luas lahan 2 hektare.

Ia termasuk petani sawit yang ragu untuk beralih ke hortikultura karena belum melihat keuntungan pada tanaman sayur-sayuran.

Karena penasaran yang tinggi, awalnya ia mencoba menanam kangkung di sudut lahannya terlebih dahulu, ternyata memberikannya keuntungan yang signifikan bagi perkembangan ekonomi keluarganya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved