Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Tim Balai TNBT Berhasil Evakuasi Seekor Orangutan Yang Masuk Pemukiman Warga di INHU

Secara bersama-sama Tim TNBT membawa Orangutan bernama Rocky menuju kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

Penulis: Dodi Vladimir | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tim Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) mengevakuasi seekor Orangutan di Desa Aur Cina, Kecamatan Batang Gangsal, Indragiri Hulu karena masuk pemukiman warga.

Tim penyelamat satwa Balai TNBT yang telah mendapat laporan langsung bergerak menuju ke lokasi untuk mengetahui keberadaan Orangutan tersebut.

Setelah beberapa hari melakukan pencarian, tim berhasil menemukan keberadaan Orangutan tersebut, dilakukan upaya pembiusan terhadap Orangutan berusia 19 tahun itu untuk dievakuasi menuju kawasan hutan Bukit Tiga Puluh.

Secara bersama-sama Tim TNBT membawa Orangutan bernama Rocky menuju kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

Tim Taman Nasional Bukit Tiga Puluh tampak kesulitan membawa Orangutan dengan bobot terbilang cukup besar tersebut, karena jalur masuk hutan yang cukup terjal.

Sebelumya, pada tangal 1 Juli 2021 warga di Desa Aur Cina, tepatnya kawasan wisata Bukit Selancang dibuat geger oleh kemunculan Orangutan.

Pasalnya primata berbadan besar ini terlihat berkeliaran di sekitar kawasan wisata untuk mencari makanan.

Kepala Balai TNBT, Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, dari hasil identifikasi tim di lapangan diketahui Orangutan tersebut bernama Rocky.

“Kemunculan Rocky sempat membuat heboh masyarakat karena postur tubuhnya sangat besar,” ujar Fifin.

Fifin menambahkan, upaya evakuasi sudah dimulai sejak tanggal 2 Juli 2021, sempat muncul di kawasan penduduk, namun Orangutan kembali masuk ke dalam kawasan hutan.

“Kemudian pada tanggal 4 Juli 2021, Rocky muncul kembali dan kita lakukan upaya pembiuasan. Alhamdulillah berhasil setelah dua jam kita lakukan pengamanan dan pengangkutan,” jelasnya.

Kepala Balai TNBT ini menyebut, dari hasil pemeriksaan terhadap tim medis, kondisi satwa yang hidup di hutan tropis ini sehat.

“Setelah diperiksa oleh dokter hewan yang ada, kondisinya sangat sehat. Untuk sementara Rocky kita evakuasi di Kantor SPTN Belilas, selanjutnya akan kita lepasliarkan, namun kita masih menentukan lokasi yang memungkinkan untuk melepas Rocky,” ungkap Fifin.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved