Breaking News:

Wakil Bupati Siak Hadiri Pendistribusian Zakat, Baznas Siak Targetkan Rp 20 M Pengumpulan Pada 2021

Wakil Bupati Siak Husni Merza hadir untuk menyerahkan zakat konsumtif kepada penerima (mustahik) di Masjid Nurul Hikmah, Senin (5/7/2021) sore.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Wakil Bupati Siak H Husni Merza didampingi Ketua Baznas Siak Abdul Rasyid Suharto menyerahkan sekarung beras kepada penerima zakat di kecamatan Koto 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Wakil Bupati Siak Husni Merza hadir untuk menyerahkan zakat konsumtif kepada penerima (mustahik) di Masjid Nurul Hikmah, Kampung Sri Gemilang, kecamatan Koto Gasib, Senin (5/7/2021) sore.

Pelaksanaan kegiatan itu merupakan pendistribusian zakat tahap III tahun 2021 di kecamatan Koto Gasib.

“Saya senang sekali bisa hadir di masjid Nurul Hikmah ini, apalagi ikut menyerahkan zakat konsumtif kepada beberapa mustahik, tentunya ini banyak sekali hikmahnya dan membuat kita selalu bersemangat untuk mengeluarkan zakat sebagai kewajiban muslim yang sudah sampai nisabnya,” kata Husni.

Husni Merza menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Siak mendukung upaya jajaran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak untuk memperbesar pengaruhnya dalam memberikan peningkatan ekonomi umat.

Hal tersebut ditandai semakin banyaknya jumlah zakat terkumpul dari tahun ke tahun, sehingga Baznas Siak menjadi Baznas terbaik di nasional.

“Kepada masyarakat penerima zakat atau mustahik, tetap bersyukur dan saling mendoakan terutama untuk para orang yang mengeluarkan zakat atau muzaki agar mereka diberikan kesehatan dan keberkahan atas harta mereka,” kata Husni.

Pada pendistribusian zakat konsumtif kali ini, masing-masing mustahik mendapatkan uang Rp 700 ribu. Husni juga menyemangati para penerima agar terus berusaha agar tahun -tahun berikutnya dapat menajadi pembayar zakat atau muzaki.

“Kita semua harus beryukur bahwa di mana ada mustahik di situ ada muzaki di kabupaten Siak, namun demikian kita semuanya harus terus berupaya untuk meningkatkan ekonomi kuarga agar tiba pula masanya kita menjadi pembayar atau muzaki,” kata dia.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto Pua Upa menyampaikan pengumpulan zakat di Baznas kabupaten Siak pada semester I 2021 sudah mencapai Rp 10,5 miliar. Sementara untuk target pengumpulan pada 2021 ini Rp 20 miliar.

"Untuk itu kita berharap menjelang akhir tahun ini target tersebut bisa tercapai,” harap Abdul Rasyid.

Rasyid juga menjelaskan beberapa program penyaluran zakat, yakni pola produktif dan konsumtif. Pada 2020 ini pihaknya sudah memprogramkan sentra ternak kambing dan sapi di 3 lokasi, yakni di kecamatan Dayun, Lubuk Dalam dan Kerinci Kanan.Program ini dikoordinir dalam sebuah Lembaga Pengembangan Peternak Mustahik (LPPM).

Selain itu, pihaknya juga mempunyai program ritel untuk membantu pengusaha kecil dalam bentuk ZMArt. ZMart itu dikembangkn di 4 kecamatan yaitu Siak,Tualang, Kandis dan Lubuk Dalam. Total keseluruhannya 80 Zmart, di bawah koordinator Lembaga Pengembangan Ekonomi Mustahik (LPEM)

"Untuk itu mohon dukungan semua pihak agar usaha kita dalam peningkatan ekonomi para mustahik pola produktif ini bisa berjalan lancar,” tutupnya. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved