Breaking News:

Kisruh Hasil Kebun TORA Senama Nenek Kampar, Ketua KNES Buka Suara Setelah Dituding Tak Transparan

Ketua Koperasi Nenek Eno Senama Nenek (KNES), M. Alwi Arifin akhirnya berbicara menanggapi tudingan dari anggota koperasi.

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: Ariestia
Istimewa
Setelah unjuk rasa soal hasil kebun TORA Senama Nenek Kampar, Ketua KNES M Alwi Arifin akhirnya berbicara menanggapi tudingan dari anggota koperasi. FOTO: Seratusan pemilik TORA Senama Nenek, anggota Koperasi Nenek Eno Senama Nenek (KNES) unjuk rasa di lahan mereka, Selasa (6/7/2021). Pengunjuk rasa menghadang truk pengangkut hasil panen. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Setelah unjuk rasa soal hasil kebun TORA Senama Nenek Kampar, Ketua KNES M Alwi Arifin akhirnya berbicara menanggapi tudingan dari anggota koperasi.

Ia menyebut tudingan tersebut dari anggota yang tidak puas dengan perolehan gaji.

Tudingan ini dikemukakan oleh seratusan anggota KNES yang berunjuk rasa di areal Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) Desa Senama Nenek Kecamatan Tapung Hulu, Kampar, Selasa (6/7/2021). TORA sebanyak 1.385 eks penguasaan PT. Perkebunan Nusantara 5.

Mereka pemilik sertipikat TORA yang menjadi anggota Koperasi Nenek Eno Senama Nenek (KNES) menilai pengurus tidak transparan dalam pembagian hasil produksi kebun.

Mereka tidak terima hanya mendapat bagian rata-rata Rp. 1 juta perbulan dari 2 hektare kebun mereka.

Oleh karenanya, mereka memilih mundur dari keanggotaan koperasi dan mengelola lahan mereka secara mandiri.

Alwi menyatakan, perolehan atau gaji yang diterima petani selama ini sudah dibahas bersama pengurus dan pengawas koperasi setiap bulannya dalam Rapat Permintaan Uang secara terbuka dan transparan.

"Semua pengeluaran baik hutang piutang, pupuk, biaya panen, perbaikan jalan dan beban lainnya harus dikeluarkan," kata Alwi dalam keterangan tertulisnya yang diterima tribunpekanbaru.com dari Humas KNES, M. Arief, Selasa (6/7/2021) malam.

Ia menambahkan, segala hutang juga harus dibayar.

"Nggak mungkin saya pribadi yang bayar," tandas Alwi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved