Breaking News:

Ini Tuntutan Jaksa PN Siak pada Ketua KUD Sialang Makmur Pelalawan, Berapa Tahun Penjara?

Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan tuntutan untuk terdakwa Mawardi dan Darsino, Ketua dan KUD Sialang Makmur Kabupaten Pelalawan

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/MAYONAL PUTRA
Sidang lanjutan kasus jual beli lahan KUD di PN Siak. Jaksa PN Siak menuntut Ketua KUD Sialang Makmur Pelalawan 3 tahun penjara. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan tuntutan untuk terdakwa Mawardi dan Darsino, Ketua dan KUD Sialang Makmur Kabupaten Pelalawan, Kamis (8/7/2021).

Tuntutan dibacakab pada sidang lanjutan kasus penipuan jual beli lahan di Pengadilan Negeri (PN) Siak Sri Indrapura.

Kedua terdakwa tampak tertunduk dari layar virtual yang ditampilkan di pengadilan saat JPU Maria Pricilia membacakan tuntutannya.

Mawardi tidak menyangka tuntutan untuknya jauh lebih tinggi dari rekannya Darsino.

Mawardi dituntut 3 tahun penjara sedangkan Darsino hanya 5 bulan penjara.

Menurut jaksa, kedua terdakwa terbukti dan meyakinkan melanggar pasal 263 ayat 2 Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP, yakni melakukan penipuan dalam jual beli lahan KUD Tunas Muda, di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak.

Menurut JPU Maria, Mawardi jauh lebih tinggi tuntutannya karena dianggap menikmati uang hasil pinjaman yang diajukan ke BSM menggunakan lahan KUD Tunas Muda.

Sementara Darsino ikut aktif dalam pengajuan pinjaman itu tetapi uangnya tidak dinikmatinya. Hal tersebut memberatkan Mawardi dan meringankan Darsino.

Kedua terdakwa juga dituntut mengembalikan 61 persil lahan kepada anggota KUD Tunas Muda.

“Sudah sepatutnya majlis hakim mengabulkan tuntutan kami karena dalam pemeriksaan saksi hingga terdakwa terbukti Mawardi melakukan tindakan penipuan terhadap KUD Tunas Muda,” kata dia.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved