Breaking News:

Techno

Gandeng Asus Qualcomm Luncurkan Ponsel Android Merek Snapdragon, Harganya Bikin Geleng Kepala

Qualcomm selama ini dikenal sebagai produsen chip untuk smartphone berbagai merek. Kini, mereka merilis smartphone bermerek sendiri. Apa istimewanya?

Editor: CandraDani
GSMArena via Kompas.com
Ponsel pertama Qualcomm, Smartphone for Snapdragon Insiders. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sukses menjadi produsen chip smartphone, Qualcomm kini mencoba peruntungan baru dengan merilis smartphone pertamanya, bernama "Smartphone for Snapdragon Insiders".

Penamaan smartphone pertama dari produsen chip Snapdragon ini merujuk pada komunitas penggemar online perusahaan yang dijuluki sebagai "Snapdragon Insiders".

Qualcomm bekerja sama dengan vendor ponsel Asus untuk merealisasikan smartphone pertamanya yang memiliki desain "fresh" dan dibekali sejumlah spesifikasi mumpuni.

Dari segi desain, hal yang paling kentara membedakan Smartphone for Snapdragon Insiders dari ponsel lainnya ialah, penempatan kamera selfie dan kamera belakangnya.

Alih-alih menggunakan punch hole atau lubang, ponsel pertama Qualcomm ini lebih memilih membenamkan kamera depannya di bezel bagian atas.

Lalu, kamera belakangnya disematkan pada modul persegi panjang membulat yang disusun secara vertikal dan ditempatkan jauh dari sisi paling atas ponsel.

Untuk spesifikasinya, Smartphone for Snapdragon Insiders mengusung layar dengan panel AMOLED dari Samsung, berdiagonal 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.448 piksel).

Layar tersebut sudah mendukung refresh rate 144 Hz dan dilindungi oleh kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Tampang ponsel pertama Qualcomm, Smartphone for Snapdragon Insiders, dari berbagai sisi.Tampang ponsel pertama Qualcomm, Smartphone for Snapdragon Insiders, dari berbagai sisi./Qualcomm 

Pada bezel bagian atas, terdapat kamera selfie 24 MP. Lalu, di bagian punggungnya, terdapat tiga kamera belakang, pemindai sidik jari, serta logo khas Snapdragon.

Adapun tiga kamera belakang ponsel pertama Qualcomm ini terdiri dari kamera utama dengan sensor Sony IMX686 beresolusi 64 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 8 MP dengan zoom optik 3x.

Kamera tersebut juga dilengkapi dengan software Qualcomm AI, seperti zoom otomatis dan pelacakan objek AI.

Lalu, pemindai sidik jari pada Smartphone for Snapdragon Insiders menggunakan Sensor Sonic 3D generasi ke-2, sama seperti seri Samsung Galaxy S21.

Bedanya, fingerprint ponsel pertama Qualcomm tidak dibenamkan di bawah layar, seperti lini Galaxy S21.

Untuk sektor dapur pacunya, Smartphone for Snapdragon Insiders ditenagai System-on-Chip Snapdragon 888, garapan Qualcomm sendiri.

Chip itu akan dipadankan dengan RAM 16 GB dan penyimpanan media 512 GB. Ponsel ini juga akan menjalankan sistem operasi Android 11.

Smartphone for Snapdragon Insiders ditopang baterai berkapasitas 4.000 mAh, dengan dukukungan pengisian daya Quick Charge 5.0. Ponsel ini diklaim dapat terisi penuh dalam waktu 50 menit.

Fitur lain yang dibawa ponsel ini meliputi konektivitas 5G, WiFi 6, Bluetooth 5.2, NFC, dan port USB tipe-C. Ponsel ini juga akan dibekali software bawaan Qualcomm lainnya, seperti Qualcomm Elite Gaming dan Snapdragon Sound.

Secara keseluruhan, ponsel ini memiliki ketebalan 9,55 mm dan bobot 210 gram.

Smartphone for Snapdragon Insiders akan hadir dalam warna Midnight Blue, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (9/7/2021). 

Ponsel ini akan dijual dalam paket bundling seharga 1.500 dollar AS atau sekitar Rp 21,7 juta, sebagaimana dihimpun dari GSMArena.

Dengan harga segitu, pengguna akan mendapatkan satu ponsel Smartphone for Snapdragon Insiders, earbuds TWS Master & Dynamic MW08SI, adaptor Qualcomm Quick Charge 5.0 (65 watt), kabel USB Tipe-C, dan karet bumper.

Ponsel pertama Qualcomm ini akan mulai dijual melalui vendor Asus sekitar bulan Agustus mendatang, di sejumlah pasar seperti China, Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan India.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Qualcomm Umumkan Smartphone Android Bermerek Snapdragon",

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved