Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Petugas Jaga Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Gagalkan Percobaan Pelarian Napi

Kejadian bermula saat anggota regu pengamanan (Rupam) I melakukan kontrol keliling (trolling) pada Blok C Strafsell I, didapati lampu kamar padam.

Penulis: Dodi Vladimir | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Petugas regu jaga Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru berhasil menggagalkan upaya percobaan pelarian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Sabtu (10/7/2021) pukul 03.00 WIB.

Kejadian bermula saat anggota regu pengamanan (Rupam) I melakukan kontrol keliling (trolling) pada Blok C Strafsell I, didapati lampu kamar padam.

Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, penghuni kamar Strafsel I sebanyak 3 (tiga) orang sudah tidak berada ditempat dan terlihat ventilasi kamar sudah dijebol.

Selanjutnya anggota Rupam Blok C langsung melaporkan keadaan kepada Kepala Regu Pengamananan (Karupam). Mendapatkan laporan regu jaga tersebut, Karupam langsung memerintahkan seluruh anggota untuk siaga dan sebagian bergegas menuju beranggang dalam Rutan.

Karupam beserta anggota berhasil mengamankan 1 (satu) orang WBP berinisial IP yang masih berada diatas tembok II beranggang dalam dan WBP tersebut berhasil diamankan oleh petugas.

Kepala Rutan I Pekanbaru, Lukman mengatakan, anggota pengamabab langsung melaporkan kepada Kepala Regu Pengaman (karupam).

“Kepala regu memerintahkan anggota untuk siaga bergegas menuju area steril Rutan. Petugas berhasil mengamankan satu napi inisial IP yang masih berada diatas tembok,” ungkapnya, Senin (12/7/2021)

Ia menambahkan, setelah beberapa lama melakukan pengecekan, petugas kembali mengamankan satu orang narapidana inisial FH di lokasi berbeda di area steril dalam Rutan.

“Selanjutnya, petugas melakukan penyisiran ke area luar Rutan dan mengamankan satu napi lagi inisial UAH meski dengan upaya perlawanan,” katanya.

Lukman menambahkan, dari hasil penyisiran di lokasi, petugas pengamanan menemukan alat-alat yang digunakan tiga narapidana tersebut untuk kabur.

“Dari hasil penyisiran kami di lokasi kejadian, ditemukan barang yang diduga dipergunakan untuk percobaan pelarian, yaitu tali sarung dan potongan besi teralis,” imbuhnya.

Tiga orang warga binaan pemasyarakatan yang mencoba kabur tersebut kemudian dibawa menuju ruang Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan untuk dimintai keterangan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved