Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Bisa Tambah Pendapatan Daerah, Dewan Desak Operasikan Laboratorium Dinas LHK

Menurut Iwan Fatah, Komisi IV DPRD Riau sepakat mendorong DLHK Riau agar UPT bisa segera aktif sehingga bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-- Banyak fasilitas Pemerintah tidak difungsikan dengan baik, padahal bisa menghasilkan Pendapatan Daerah bila difungsikan. Seperti Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) yang saat ini tidak berfungsi.

Adapun penyebabnya diketahui saat hearing Komisi IV dengan Dinas LHK Senin (12/7/2021), tidak lain adalah ketiadaan peralatan sehingga laboratorium DLHK Riau belum bisa difungsikan.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi IV DPRD Riau Parisman Ihwan, menurutnya Komisi I mendesak laboratorium Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau bisa segera difungsikan.

"Ada UPT-nya, ada SDM atau pegawai-nya, Cuma peralatan gedungnya tak ada. Jadi mereka tidak bisa kerja," ujar Iwan Fatah sapaan akrabnya Selasa (13/7/2021).

Menurut Iwan Fatah, Komisi IV DPRD Riau sepakat mendorong DLHK Riau agar UPT bisa segera aktif sehingga bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah.

Caranya, dengan menyusun anggaran UPT dan kegiatan lain.

"Kami juga dengar dari Kabid-nya sendiri untuk 1 perusahaan itu pengurusan sertifikasi layaknya itu sampai Rp 60 juta.

Bayangkan berapa banyak perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan di Riau ini harus diurus keluar Provinsi atau ke Sucofindo,"ujar Iwan.

Peluang ini menurut Iwan Fatah harus diambil dan tentunya harus disinergikan dalam mengejar potensi pendapatan yang tidak didapat selama ini.

Politisi Golkar ini juga menyarankan DLHK Riau untuk menyusun dan menyiapkan anggaran agar UPT segera bisa beroperasi. Begitu juga dengan program-program yang lain.

"Dalam rapat evaluasi itu juga terungkap soal limbah PT Chevron yang memang sempat dipertanyakan.

Hanya saja mengenai limbah Chevron kewenangannya ada di Kementerian,"jelas Iwan Fatah.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved