Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Cara Unik Bumdes Mekar Kelola Dana Desa, Beli Tanah Untuk Dibuat Quarry Galian C

Direktur Bumdes Mekar Serumpun Desa BPTJ Erik Estrada mengaku, pembelian tanah tersebut dilakukan dengan menggunakan dana usaha milik Bumdes

Penulis: Syahrul | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Bumdes Mekar Serumpun tergolong unik dalam hal mengelola aset usaha menggunakan dana Badan Usaha Milik Desa Bangun Purba Timur Jaya (BPTJ).

Bumdes yang dipimpin oleh Direktur Erik Estrada ini diketahui membeli sebidang tanah sekira 600 meter persegi dengan menggunakan dana usaha Bumdes Mekar Serumpun.

Uniknya, tanah yang dibeli seharga Rp. 35 juta ini dibeli pada 2020 lalu, namun baru diakta jual belikan pada 2021, tepatnya beberapa minggu lalu.

Penelusuran di lapangan, tanah yang dikelola menjadi sebuah Quarry Galian C ini sudah berupa kolam dan dipenuhi semak belukar.

Direktur Bumdes Mekar Serumpun Desa BPTJ Erik Estrada mengaku, pembelian tanah tersebut dilakukan dengan menggunakan dana usaha milik Bumdes untuk menambah Pendapatan Asli Desa.

"Iya betul. Tanah itu dibeli dan kemudian kita jadikan Quarry untuk mendambah PADes," kata Erik.

"Tanah itu pada saat pembelian saya yang bayarkan dan namanya di jual beli masih atas nama saya. Belum dirubah ke nama Bumdes," sebut dia kemudian.

Adapun skema pembelian tanah senilai Rp. 65 juta tersebut dilakukan dengan pembelian seharga Rp 35 juta berupa uang tunai dan sisanya Rp 30 juta dilakukan dicicil melalui keuntungan Quarry.

Erik juga mengaku, membeli tanah tersebut dari seseorang bernama Pardamean yang diketahui tinggal tak jauh dari lokasi tanah tersebut.

Namun rumitnya, ketika dikonfirmasi kepada Pardamean, dia mengaku, bahwa namanya dicatut sebagai pemilik tanah dalam surat saja.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved