Breaking News:

Video Berita

VIDEO - Mesin Kapal Feri KM Gunsa 8 Terbakar saat Berlayar, 86 Penumpang Berhasil Dievakuasi

salah satu mesin yang terbakar bukan kapalnya, sudah mendekati perairan Palembang dari Tanjung Kalian dengan tujuan Tanjung Api-api.

Editor: jefri irwan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kapal Feri KM Gunsa 8 yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat, menuju Pelabuhan Tanjung Api-api, Sumsel, mengalami insiden kebakaran pada bagian mesinnya, di Selat Bangka, Senin (12/7) sekitar pukul 14.00 WIB.

Bahkan dari informasi yang diterima, sejumlah penumpang telah mengenakan life jacket guna menyelamatkan diri.

Kasat Polairud Polres Babar, AKP Candra Wijaya membenarkan kejadian ini.

“Informasi yang baru kita terima salah satu mesin yang terbakar bukan kapalnya, sudah mendekati perairan Palembang dari Tanjung Kalian dengan tujuan Tanjung Api-api. Untuk korban tidak ada, info terakhir kapal tag boat dari Palembang sudah mendekat dan memberikan bantuan,” ujar Candra.

KEBAKARAN KAPAL - Para penumpang saat bersiap menyelamatkan diri dalam musibah kebakaran mesin kapal Gunsa 8 yang hendak menuju Pelabuhan Tanjung Api-api, Senin (12/7).
KEBAKARAN KAPAL - Para penumpang saat bersiap menyelamatkan diri dalam musibah kebakaran mesin kapal Gunsa 8 yang hendak menuju Pelabuhan Tanjung Api-api, Senin (12/7). (ist)

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas B Pang­kalpinang (Basarnas Babel), Fazzli mengaku informasi ini diterima dari satu di antara anggota Stasiun Radio Pantai (STOP) bernama Baret, yang saat itu ada di atas kapal.

“Dari informasi yang kami terima kapal mengalami kebakaran, di bagian mesin. Kemudian seluruh penumpang sudah diamankan di bagian atas kapal,” kata Fazzli.

Diakuinya, kapal-kapal yang berada di sekitar lokasi sudah dikoordinasi dan diminta bantuan untuk me­ngatasi musibah tersebut.

“Kebetulan di sekitar lokasi ada tugboat lekundi, yang berjarak 20 Nautical Mile (NM) dari lokasi. Sedang dalam proses evakuasi dan seluruh korban pada saat ini sudah berhasil dipindahkan ke kapal lain, dan kapal yang mengalami kebakaran menurunkan jangkar, dan menunggu pemadaman le­bih lanjut,” ucapnya.

Diakuinya, sebanyak 86 penumpang KM Gunsa 8, sudah dievakuasi dalam kondisi selamat ke Kapal KM Mutis.

“Berdasarkan data sementara penumpang berjumlah 86 orang, sudah dievakuasi oleh KM Mutis, yang merapat ke lokasi kejadian setelah dilakukan koordinasi oleh instansi terkait di Muntok. Informasi yang kami terima dari lokasi semua korban akan dibawa kembali ke Tanjung Kalian, mengingat KM Mutis melakukan pelayanan ke Muntok,” ungkap Fazzli. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mesin Kapal Feri KM Gunsa 8 Alami Kebakaran saat Berlayar, 86 Penumpang Berhasil Dievakuasi

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved