Breaking News:

Ini yang Harus Dilakukan Jika Anda Menjalani Isolasi Mandiri karena Positif Covid-19

Jika anda positif Covid-19 bergejala ringan hingga sedang, dan menjalani isolasi mandiri, ini yang harus dilakukan guna memulihkan kesehatan.

Editor: Ilham Yafiz
Dokumentasi Tribun Jabar / Gani Kurniawan
Pasien Covid-19 di Rumah Singgah Isolasi Mandiri Medco Foundation, di Hotel Nyland, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Jika anda positif Covid-19 bergejala ringan hingga sedang, dan menjalani isolasi mandiri, ini yang harus dilakukan guna memulihkan kesehatan.

Meskipun tidak menjalani isolasi di fasilitas kesehatan, Anda tetap bisa menjalani isoman dengan menerapkan cara berikut ini.

Tingginya angka terkonfirmasi positif Covid di Indonesia membuat banyak fasilitas kesehatan seperti rumah sakit selalu kehabisan kamar.

Selain kamar, obat-obatan dan oksigen juga mengalami penurunan ketersediaan mengingat banyak pasien yang membutuhkannya. Isoman menjadi solusi paling bijak bagi pasien Covid yang mengalami gejala ringan hingga sedang.

Melansir dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), sering terjadi kasus dimana pasien terlambat datang ke rumah sakit setelah mengalami gejala berat.

"Mereka (pasien) sudah terkonfirmasi positif Covid-19 pada beberapa hari yang lalu namun baru datang ke rumah sakit setelah mengalami gejala berat,” tutur dr. Fithri Islamiyah S.R. dari RSA UGM.

Cara menjalani isolasi mandiri yang benar
Pasien perlu melakukan beberapa hal agar isolasi mandiri berjalan dengan baik serta tertangani oleh petugas medis.

Langkah pertama menurut Fithri, seperti dilansir dari laman UGM, adalah melakukan konsultasi kepada petugas medis.

Perlu diingat bahwa Covid-19 menyerang sistem informasi antar organ yang menyebabkan terjadinya happy hypoxia. Happy hypoxia adalah kondisi tubuh yang terasa sehat namun sebenarnya sistem organ tubuh sudah tidak berfungsi dengan baik.

Ia menyayangkan masih banyak masyarakat yang tertular Covid justru takut untuk berkonsultasi ke rumah sakit. Padahal dengan melakukan konsultasi, pasien bisa mengetahui kondisi tubuh sehingga tindakan yang diberikan akan sesuai.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved