Breaking News:

Wajib Sertifikat Vaksin Covid-19, Penumpang Perjalanan Keluar Masuk Kepulauan Meranti Riau

Satuan tugas Kepulauan Meranti mulai mewajibkan sertifikat vaksin covid-19 sebagai syarat pelaku perjalanan keluar dan masuk daerah Rabu.

Penulis: Teddy Tarigan | Editor: Ariestia
Istimewa
Suasa keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang hari ini Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Satuan tugas Kepulauan Meranti mulai mewajibkan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat pelaku perjalanan keluar dan masuk daerah Rabu (14/7/2021).

Kebijakan tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Satgas Covid-19, AKBP Wimpiyanto SIK bersama beberapa pihak lainnya Selasa (13/7/21) malam.

Hal tersebut berdasarkan Surat edaran Gubernur Riau Nomor 129/SE/2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dan internasional dengan menggunakan moda transportasi umum dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau.

Salah satu poinnya adalah melengkapi diri dengan kartu dan atau sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

Sesuai surat edaran Gubernur Riau kebijakan tersebut pada dasarnya telah diberlakukan pada 12 Juni dan berakhir pada 22 Juni 2021 mendatang.

Menindaklanjuti hal tersebut, setiap calon penumpang kapal domestik keluar dan memasuki wilayah Kepulauan Meranti tujuan perjalanan antar kabupaten dan kota dalam provinsi akan diperketat dengan pemeriksaan wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi.

Sementara ketentuan bagi penumpang yang melaksanakan perjalanan antar provinsi juga diberlakukan sama namun ditambah dengan surat keterangan hasil negatif PCR yang diambil dalam kurun waktu 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Selain itu harus melampirkan e-HAC atau riwayat perjalanan secara jujur.

Pengetatan dengan pengawasan penuh ini dilakukan di Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang.

Petugas Keselamatan Berlayar Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Selatpanjang, Suharto mengatakan aturan tersebut diberlakukan selama status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved