Breaking News:

Cara Aman Menyusui Bayi Jika Ibu Positif Covid-19, Simak Penjelasannya Menurut WHO

Kenali cara menyusui yang benar jika ibu sedang positif Covid-19. Cara menyusui ini penting, agar ibu tidak menularkan virus corona penyebab Covid-19

Editor: Ilham Yafiz
Gambar oleh Pexels dari Pixabay
ilustrasi bayi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Maksimalkan protokol kesehatan untuk menekan angka penularan Covid-19, tapi apakah berlaku bagi ibu menyusui?

Jika ibu menyusui positif Covid-19 bagaimana cara menyusui anak agar aman tidak tertular Covid-19?

Kenali cara menyusui yang benar jika ibu sedang positif Covid-19. Cara menyusui ini penting, agar ibu tidak menularkan virus corona penyebab Covid-19 kepada buah hati.

Seperti diketahui, jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambah setiap hari. Virus corona penyebab Covid-19 juga tidak mengenal usia, umur, jenis kelamin dll dalam menginfeksi. Termasuk ibu menyusui juga bisa positif Covid-19.

Meski positif Covid-19, seorang ibu harus tetap menyusui atau memberikan air susu (ASI) kepada bayi. Bagaimana cara menyusui yang aman jika ibu positif Covid-19?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui unggahan Instagram, Rabu (7/7/2021) membagikan tips cara menyusui bayi yang aman jika ibu berstatus positif Covid-19.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah saat menyusui, ibu yang positif Covid-19 harus tetap melakukan protokol kesehatan ketat dan tidak mengalami gejala yang berat.

Namun jika ibu positif Covid-19 mengalami gejala berat, cara menyusui yang tepat tidak boleh dilakukan secara langsung.

Apabila seorang ibu merasa dirinya lemah dan tidak memiliki kekuatan untuk menyusui langsung, maka bayi dapat diberikan ASI perah (ASIP) baik oleh ibu maupun anggota keluarga yang lain.

Yang perlu diperhatikan dari pemberian ASI perah adalah kualitasnya. Pastikan simpan dengan baik dan benar agar tetap aman dan tidak rusak.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved